Hobi

Pokemon Rilis "Pokemon Unite", Ramaikan Pasar Game MOBA

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 26th 2020

Pokemon mungkin adalah salah satu waralaba yang tidak ada matinya. Setelah sukses dikenal via debutnya sebagai game di konsol Gameboy, Pokemon terus melanglangbuana di dunia game dengan merambah berbagai segmen pemain. Jika Pokemon Go "meledak" dan populer di kalangan pemain game pokemon, kini Pokemon Company mencoba memasuki segmen pasar game MOBA (multiplayer online battle arena) dengan game baru mereka, yaitu Pokemon Unite.

Pekan lalu, Pokemon Company mengumumkan kemunculan beberapa game pokemon terbaru, mulai dari Pokemon Snap, Pokemon Smile AR dan Pokemon Cafe Mix. Namun di akhir presentasi Tsunekazu Ichihara, presiden Pokemon Company mengatakan bahwa mereka akan memberikan pengumuman mengejutkan lainnya satu pekan lagi.

Banyak fans Pokemon yang berspekulasi bahwa Pokemon Company akan merilis remake dari Pokemon Diamond/Pearl, generasi keempat dari spinoff utama game Pokemon. Tapi yang ditampilkan oleh Pokemon Company ternyata justru kolase beberapa gambar yang menunjukkan lima orang pemain game, dua di antaranya memegang Nintendo Switch, sementara tiga di antaranya memegang smartphone. Petunjuk itu bukan hanya menerangkan bahwa game terbaru pokemon akan berbasis 5v5 MOBA, tetapi juga adanya fitur integrasi antara pemain Nintendo Switch dan smartphone.

Game baru bertajuk Pokemon Unite tersebut dideskripsikan sebagai "Game pertarungan pokemon beregu pertama" yang dilakukan secara online, persis game MOBA lain seperti League of Legends atau Arena of Valor. Mengingat bahwa game ini dikembangkan oleh kerjasama antara Pokemon Company dan Tencent, perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok, tidak mengherankan jika MOBA yang diusung disini berbasis pertarungan 5 pemain lawan 5 pemain. Tencent memang merupakan perusahaan induk dari Studio TiMi yang menggawangi game Honor of Kings dan Arena of Valor.

Dari bocoran yang dirilis, gameplay Pokemon Unite tampak persis seperti game MOBA lainnya, dimana lima orang pemain dengan karakter (dalam hal ini, pokemon) masing-masing berhadapan dengan lima orang pemain lain di suatu arena pertarungan. Berbeda dengan gameplay original kebanyakan game pokemon dimana para pemain dapat menangkap pokemon liar dan melatihnya menjadi pokemon andalannya, di Pokemon Unite, pemain harus "membawa" pokemon liar yang mereka tangkap dan meletakannya di scoring station yang ada di arena musuh untuk mencetak skor. Selain itu, gameplay Pokemon Unite tidak melibatkan unsur type-advantage, sehingga tidak ada keunggulan tipe satu sama lain antar-pokemon, seperti pokemon tipe air yang selama ini selalu lebih kuat jika berhadapan denan pokemon tipe api, tapi lemah terhadap pokemon listrik.

Tsunekazu Ichihara optimis dengan proyek game Pokemon Unite dan mengatakan bahwa tujuan utama dari dirilisnya game ini adalah untuk menciptakan game pokemon yang dapat dimainkan dengan mudah dan cepat oleh siapapun, tapi juga memiliki ciri khas yang membuatnya dapat dimainkan berulang-ulang tanpa bosan.

Pengumuman oleh Pokemon Company tersebut tidak menyebutkan kapan Pokemon Unite akan dirilis. (*)

Related Articles
Hobi
Nintendo Akan Rilis Trial Game "Pokken Tournament DX" di Konsol Nintendo Switch

Interest
Penjualan Nintendo Switch Melonjak Pasca Peluncuran 'Pokemon: Sword and Shield'

Hobi
Niantic Akan Bawa Fitur "Mega Evolution" ke Pokemon Go