Current Issues

Asyik, Thailand Berencana Buka Pintu untuk Turis Asing Mulai Minggu Depan

Dwiwa

Posted on June 25th 2020

Para pecinta travelling tentu sudah sangat gatal untuk bisa kembali melancong. Namun di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus meluas, negara tujuan wisata masih menutup diri dari turis, terutama yang berasal dari luar negeri.

Namun kabar baiknya, beberapa negara telah mulai membuka diri dan beberapa lainnya mulai berencana untuk menerima turis asing. Salah satunya adalah Thailand yang berencana menerima tamu asing mulai minggu depan seiring dengan pelonggaran pembatasan yang dilakukan.

Meski begitu, masih belum semua turis asing diperbolehkan. Dilansir dari Reuters, Taweesin Wisanutothin, juru bicara pemerintah untuk Pusat Penanganan Covid-19, gelombang pertama yang di-acc adalah orang asing yang telah mendaftarkan diri untuk melakukan karantina selama 14 hari, investor, dan pebisnis eksekutif.

Semua prosedur harus dengan persetujuan dari gugus tugas pemerintah. Dia menambahkan jika turis medis juga akan diijinkan masuk. Sebenarnya, regulator penerbangan di Thailand melarang penerbangan komersial hingga akhir Juni, namun beberapa perjalanan bisnis bisa mulai dilanjutkan pada Juli.

“Tidak akan ada pembukaan penerbangan secara keseluruhan dalam waktu dekat karena krisis global masih berlangsung, tetapi pengaturan dapat dibuat untuk perjalanan asing tertentu,” ujar Taweesin pada Reuters.

Perjalanan bisnis singkat mewajibkan pelancong memiliki sertifikat yang menunjukkan mereka bebas dari virus corona, memiliki asuransi kesehatan dan mengijinkan tenaga medis memantau  mereka saat berada di Thailand.

Namun, para pelancong mungkin akan kesulitan mendapatkan sertifikat bebas virus mengingat terbatasnya tes dan penerbangan ke Thailand akibat pandemi yang telah menghentikan penerbangan secara global.

Turis dari negara dengan pengaturan “travel bubble” akan diperbolehkan untuk melakukan perjalanan pada Agustus. Tetapi mereka akan dibatasi ruang geraknya. Pemerintah menyebutnya sebagai “karantina villa”.

Thailand memperkirakan tahun ini hanya akan ada 8 juta pelancong yang datang, jauh lebih rendah dari catatan tahun lalu yang mencapai 39,8 juta menurut bank sentral. Selain membuka pintu untuk turis, Rabu (24/6) pemerintah juga mengumumkan jika sekolah, bar dan panti pijat akan dibuka kembali bulan depan dengan pedoman kesehatan yang tepat.

Thailand sendiri menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang telah sukses mengatasi pandemi Covid-19. Negeri Gajah Putih tersebut mencatat hanya ada 3.157 kasus dengan 58 kematian. Dari jumlah tersebut, 3.026 sudah sembuh. (*)

Related Articles
Current Issues
Pelancong Mulai Berkelana, Hindari Pesawat dan Perjalanan Internasional

Current Issues
Peringatan WHO Untuk Pelancong : Waspada Covid-19 Dimanapun dan Kapanpun

Current Issues
Jepang Bahas Pelonggaran Larangan Perjalanan dengan Beberapa Negara