Current Issues

Sempat Bikin Geger, Video TikTok Syndrome Cuma Sarkasme

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 25th 2020

 

Belakangan ini dunia maya diramaikan dengan video berisi kisah seorang remaja yang menderita penyakit aneh. Video yang di-post oleh pengguna Instagram @kesarnst ini menunjukkan seorang laki-laki berusia 18 tahun yang mengalami TikTok Syndrome. Akibatnya dirinya sulit mengendalikan dirinya sendiri.

 

 

Remaja ini terus-menerus melakukan gerakan TikTok secara tidak disengaja. “Awalnya saya bermain TikTok hanya untuk bersenang-senang doang. Namun lama-kelamaan saya merasa ada yang aneh. Seperti tidak bisa mengontrol tubuh saya,” katanya.

Ia melanjutkan ceritanya dengan menyatakan bahwa ia terkena suatu kondisi bernama Sindrom TikTok. “Pada awalnya saya merasa kesulitan karena setiap saya melakukan sesuatu, saya tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik dan benar,” jelasnya. Ia juga berkata bahwa ia harus minum obat dan melakukan meditasi untuk menyembuhkan kondisinya. Tidak lupa mengurangi penggunaan aplikasi TikTok.

Video dengan videografi yang mengharukan ini berhasil mencuri lebih dari 1 juta views di akun kreatornya. Bahkan video ini sempat ramai diperbincangkan di media sosial Twitter dan menimbulkan pertanyaan, apa sindrom ini sungguhan ada?

Jawabannya: Tidak. Kreatornya yang memposting video ini di Instagram sudah memberikan caption penjelasan bahwa video tersebut adalah bentuk komedi sarkasme semata. Sayangnya banyak warganet yang salah paham karena video ini tersebar lintas media sosial.

Kondisi yang mirip dengan Sindrom TikTok ini memang ada yaitu Sindrom Tourette, tetapi tentunya bukan karena kebanyakan main TikTok. Kemungkinan dampak yang paling mirip paling hanya sebatas melakukan gerakan TikTok spontan ketika bosan, tetapi tidak sampai tingkat yang parah alias pelakunya masih sadar dan bisa mengendalikan.

Kemungkinan dampak akibat TikTok yang bisa terjadi lainnya adalah kecanduan. Kalau kamu mulai nggak tahu waktu dalam menggunakan TikTok atau aplikasi apa pun, segera hentikan dan atur waktu. Ingat, kita masih hidup di dunia nyata, bukan dunia maya! (*)

 

Related Articles
Current Issues
Mulai dari Dokter hingga Artis Bikin Konten Cegah Coronavirus di TikTok

Lifestyle
Ingin Nampang di Cover Majalah? Latihan Dulu via Challenge TikTok #PoseMajalah

Lifestyle
Pengen Sensasi lain Saat Makan Sereal? Coba Trik Sederhana Ini Deh