Lifestyle

Hendak Order Minuman di Starbucks? Ini Trik-Trik yang Bisa Dipraktekkan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 25th 2020

(Thrillist)

 

Pelonggaran PSBB di berbagai wilayah mulai diterapkan. Pusat perbelanjaan juga mulai dibuka. Nah, ngemall nggak akan lengkap tanpa nongkrong-nonkrong cantik di kedai kopi. Kalau teman MainMain suka dengan Starbucks, kedai kopi yang satu ini punya deretan menu yang bisa dicoba dan diatur agar sesuai dengan selera kita lho. 

Nih trik-trik yang bisa kamu pakai biar minuman Starbucks kamu makin worth it!

 

1. Tambah inclusions di menu fruit refreshers

(Shape)

 

Minuman buahmu kurang menyegarkan? Ternyata kita bisa lho minta tambahan inclusions. Istilah ini digunakan untuk menyebut stroberi, blackberry, dan jeruk nipis yang dibekukan.

Buah-buah ini biasanya ditambahkan ke minuman buah kita dan jenis buahnya sesuai dengan bahan menu minuman yang kita pilih. Misalnya minuman stroberi, maka buahnya juga stroberi. Tinggal minta ke barista aja mau lebih banyak, lebih sedikit, atau tanpa inclusions.

 

2. Sebut upside-down untuk membalik urutan pembuatan minumanmu

Istilah upside down biasanya digunakan untuk minuman caramel macchiato yang normalnya dimulai dengan bahan sirup vanili dan berakhir dengan karamel. Kalau kita minta upside-down caramel macchiato, maka urutan bahan akan diawali dengan karamel dan berakhir dengan sirup vanili. Bisa dicoba untuk minuman lain juga lho!

 

3. Lagi diet? Pesan minumanmu dalam versi skinny

Kalau kita pesan minuman dengan tambahan istilah skinny, barista akan menggunakan sirup tanpa gula dan susu tanpa lemak untuk minuman kita. Istilah ini bisa diaplikasikan untuk minuman yang punya jenis sirup tanpa gula seperti vanilla, karamel, dan mocha. Kalau menu pilihan kita nggak punya sirup tersebut, minuman akan dibuat dengan susu tanpa lemak aja.

 

4. Pernah lihat tulisan “Lte” di gelasmu? Itu artinya “light

“Lte” yang tertulis di gelas Starbucks artinya “light” atau jumlah komponen yang dimaksud jumlahnya berkurang dari takaran biasanya. Misalnya “Lte ice” artinya es yang digunakan lebih sedikit. Istilah ini bisa juga untuk sirup, foam, dan whipped cream.

 

5. Mau macchiato rasanya lebih kuat? Kombinasikan dengan latte

Minuman kopi degan bahan espresso dan susu yang berbusa atau disebut macchiato punya rasa kopi yang nggak begitu kuat jika dibandingkan dengan latte. Kalau mau memperkuat rasa kopi di macchiato di Starbucks, kita bisa pesan latte macchiato deh!

 

6. Mau ristretto atau long-shot?

Biasanta kedai kopi punya beberapa jenis espresso, di antaranya ristretto dan long-shot. Ristretto berasal dari bahasa Italia yang berarti restricted atau terbatas. Espresso jenis ini menggunakan air panas yang lebih sedikit ketika proses penyeduhan sehingga hasilnya adalah rasa kopi yang lebih kuat. Long-shot adalah kebalikannya, air panas ketika penyeduhan lebih banyak dan menghasilkan rasa yang lebih ringan.

 

7. Pengin affogato? Pesan aja frappucino ala affogato

Biasanya affogato adalah sajian es krim yang disiram dengan espresso panas. Namun di Starbucks kita bisa pesan menu serupa dengan mengganti es krim menjadi menu frappucino apa pun. Tetapi pastikan dulu ke barista karena pilihan ini nggak tersedia di semua cabang.

 

8. Pesan half-caf kalau pengin minuman kopimu nggak terlalu nendang

Kalau minumanmu mengandung espresso dan kamu pengin rasa kopi yang lebih ringan, pakai istilah half-caf. Barista akan mengurangi takaran espresso minumanmu menjadi setengah. Misalnya untuk latte ukuran grande yang biasanya menggunakan dua shot espresso, akan mengganti satu shotnya dengan campuran tanpa kafein (kopi decaf). Bisa diaplikasikan ke minuman kopi apa aja dengan ukuran apa aja lho!

 

9. Doppio untuk super melek!

Doppio berarti double dalam bahasa Italia. Jadi doppio ini sebutan untuk espresso dengan dua shot. Itu aja sih, terdengar keren kan kalau pesan dengan kata doppio ini?

 

10. Mau minumanmu lebih creamy? Sebut istilah breve

 

(Reddit)

 

Kalau di kotak centang keterangan susu di gelasmu tertulis huruf “B”, artinya minumanmu dibuat versi breve. Istilah ini digunakan untuk minuman yang menggunakan half and half (susu dan krim) daripada hanya susu.

 

11. Suka manis dan pahit? Gunakan istilah con Panna

 

(Starbucks)

 

Con Panna adalah istilah untuk espresso dengan whipped cream di atasnya. Rasa creamy dan manis akan bercampur dengan rasa kopi yang kuat. Perpaduan yang kontradiksi tetapi unik. (*)

Related Articles
Lifestyle
7 Minuman Kekinian Hadir dalam Botol Satu Literan, Cocok Banget untuk Buka Puasa

Current Issues
Tuai Kontroversi, Starbucks Kini Izinkan Staff Pakai Atribut Black Lives Matter

Interest
Favorit Gen Z Selama Coronavirus: Netflix, iPhone dan Nike