Tech

Olympus Pamit dari Bisnis Kamera

Tora Nodisa

Posted on June 25th 2020

(Foto: Pinterest)

Olympus meramaikan bisnis kamera dunia selama 84 tahun. Tahun ini mereka pamit dan berharap teknologi yang telah diciptakan bisa menjadi warisan dunia fotografi di masa depan. Ada indikasi tutupnya Olympus karena kerugian operasional tiga tahun beruntun karena perkembangan kamera digital.

Dua bulan lalu, Olympus meluncurkan kursus fotografi online, juga melakukan konferensi virtual bagi para penggiat fotografi. Tetapi pada Kamis, 25 Juni 2020, Olympus mengumumkan bahwa mereka menjual perusahaan, khususnya yang memproduksi kamera, ke Japan Industrial Partners (JIP).

Olympus yang pernah menjadi salah satu merek kamera terbesar di dunia, akan fokus pada produksi peralatan medis dan industri. Meskipun Olympus sendiri sudah berusaha memperbaiki neraca keuangan mereka akhir-akhir ini. Olympus disinyalir mengalami kerugian besar akibat maraknya kamera digital di pasaran. Selain itu, perkembangan kamera digital yang semakin cepat tak mampu dikejar oleh Olympus. Akibatnya, dalam tiga tahun terakhir, Olympus mengalami kerugian.

Kamera pertama yang diproduksi Olympus pada tahun 1936. (Foto: Pinterest)

Olympus membuat kamera pertamanyaa pada tahun 1936. Kamera tersebut bernama Semi-Olympus I. Kamera yang berwujud seperti alat musik akordeon tersebut membuka jalan Olympus menapaki bisnis kamera dan fotografi. Mereka berkembang dan memperkenalkan kamera digital pertama pada tahun 1996, dan mengembangkan sistem lensa yang bisa ditukar bernama Micro Four Thirds.

Kehadiran smartphone yang menghadirkan kamera tanpa cermin, merusak pasar Olympus. Pada tahun 2013, Olympus mengalami skandal keuangan hampir AS$1,7 miliar. Ini karena mereka berupaya meningkatkan penjualan, dan melawan teknologi kamera smartphone. Ternyata tidak berhasil.

"Kami meminta kesabaran semua pihak. Kami percaya ini langkah yang tepat untuk melestarikan warisan merek kami, produk, dan teknologi yang pernah kami buat." Itulah pernyataan perusahaan Olympus di Facebook.

Sementara itu, JIP -perusahaan yang membeli saham Olympus- berencana membuat divisi kamera ini seperti Vaio Sony. Mereka akan membuat kamera dengan memperkecil ukurannya. Sebab saat ini orang-orang lebih suka dengan sesuatu yang ramping dan mudah dibawa. (*)

Related Articles
Tech
Tampil Flawless Saat Video Call? Pakai Kamera Mirrorless Aja. Ada Aplikasinya!

Tech
Kamera Tercepat di Dunia Ini Bisa Tangkap 70 Triliun Frame Per Detik

Tech
Microsoft Tutup Semua Toko Ritel