Lifestyle

Diet Paleo Vs Diet Keto, Mana Pilihan yang Lebih Sehat?

Dwiwa

Posted on June 24th 2020

 

(alliednutrition.com)

Ada begitu banyak jenis diet yang bisa menjadi pilihan. Namun diet Paleo dan diet Keto menjadi jenis yang paling populer untuk saat ini. Kedua diet ini dipercayai para pengikutnya dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun sebelum memutuskan diet mana yang akan kalian pilih, ada baiknya melihat terlebih dahulu masing-masing manfaat dari kedua diet tersebut. Dua diet ini terlihat mirip tetapi sesungguhnya sangat berbeda.

Dilansir dari PINKVILLA, perbedaan utamanya adalah kalori yang diperoleh dari diet paleo berasal dari protein sementara keto berasal dari lemak. Nah biar lebih paham perbedaannya, simak yuk penjelasan lengkapnya berikut.

Apa itu Diet Keto?

Ketogenik alias diet Keto sangat populer akhir-akhir ini di kalangan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Secara garis besar, diet ini mengutamakan makan lemak sehat, protein dan mengurangi asupan karbohidrat.

Hal ini dikarenakan sumber energi utama tubuh berasal dari karbohidrat. Ketika asupan karbohidrat yang masuk tidak cukup, tubuh akan mulai menggunakan lemak sebagai sumber energi. Inilah tujuan dari diet Keto.

Apa itu Diet Paleo?

Berbeda dari diet Keto, jenis Paleo didasarkan pada gagasan tentang apa yang dikonsumsi oleh nenek moyang kita pada jaman Paleolitik. Diet ini lebih berfokus pada menghilangkan makanan yang membutuhkan banyak pertanian seperti kacang-kacangan, biji-bijian, olahan susu dan gula olahan. Intinya adalah memperbanyak makan daging, buah dan sayuran yang kaya akan protein dan serat.

Lalu Apa Perbedaan Keduanya?

1. Ketika mengikuti diet Paleo, kalian juga harus melakukan olahraga dan mindfulness. Sementara diet Keto tidak membutuhkan perubahan gaya hidup selain mengubah asupan karbohidrat, lemak, dan protein ke dalam menu makan.

2. Paleo tidak menghilangkan karbohidrat dalam dietnya sementara Keto mengharuskannya. Diet Paleo memperbolehkan semua sumber karbohirat karena termasuk ke dalam parameter diet. Sementara Keto membatasi semua jenis sumber karbohidrat.

3. Ketika menjalankan diet Paleo, kalian tidak diperbolehkan makan semua produk olahan susu dan kedelai. Tetapi saat melakukan diet Keto, kalian justru dianjurkan mengonsumsi makanan olahan susu berlemak tinggi dan kedelai.

4. Diet Paleo memperbolehkan kalian makan ayam bakar, sayuran, alpukat atau sumbe rkarbohidrat. Sedangkan Keto membatasi semua karbohidrat dan hanya memperbolehkan makan sedikit buah dan sayuran. Gampangnya, diet Paleo memberikan kalian lebih banyak kelonggaran dalam memilih makanan.

5. Diet Paleo kaya akan protein dan serat tetapi kurang kalsium dan vitamin D. Sementara Keto jelas sangat minim karbohidrat yang memicu Keto flu yang menyebabkan mual, kelelahan dan kram otot. Masing-masing diet memiliki efek samping yang berbeda.

6. Ketika berbicara tentang penurunan berat, diet keto memang didesain untuk membantu kalian menurunkan berat badan. Tetapi hasilnya mungkin tidak akan bertahan lama. Sementara diet Paleo, belum ada cukup bukti yang mengatakan jika ini membantu kalian mengurangi bobot.

Lalu mana yang lebih sehat?

Kedua diet ini sama-sama sehat tergantung siapa dan bagaimana pola makan ini diterapkan. Sebab, tidak semua orang cocok dengan satu jenis diet yang sama. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan agar diperoleh hasil maksimal dan tidak membahayakan tubuh karena kekurangan suatu zat gizi tertentu.

Namun dari kedua jenis diet ini, Paleo sepertinya lebih mudah diikuti dibanding dengan diet Keto. Kalian bisa lebih bebas memilih makanan, tidak jaug beda seperti sebelum menjalani diet. Lagi pula, Paleo juga menganjurkan pengikutnya untuk melakukan olahraga dan mindfulness sehingga membuatnya lebih terlihat seperti gaya hidup dibanding dengan diet.

Meski begitu, penelitian tentang keamanan dan efektivitas diet ini masih terus dilakukan. Jika masih belum yakin dengan jenis diet yang cocok, kalian bisa lebih dulu melakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk pilihan yang lebih baik.(*)

 

Related Articles
Lifestyle
Lakukan 6 Hal Ini Agar Tetap Bersemangat dan Berenergi Selama Puasa

Lifestyle
Girls, Kopi Juga Bisa Bantu Hilangkan Lemak Perut loh! Begini Penjelasannya

Lifestyle
Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Membantu Enyahkan Lemak Dari Perut Buncit