Sport

Para Pemain NBA Bakal Kenakan Cincin Canggih untuk Deteksi Covid-19?

Dwiwa

Posted on June 23rd 2020

 (Oura)

Setelah sempat terhenti beberapa bulan akibat pandemi Covid-19, tim-tim NBA akan kembali melanjutkan musim pada 30 Juli mendatang. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan melakukan karantina para pemain, pelatih, staf, wartawan, dan semua orang yang terlibat dalam pertandingan NBA di Walt Disney World Orlando, Florida.

Selain karantina, para pemain NBA juga dikabarkan akan mengenakan sebuah perangkat kesehatan yang bisa dipakai untuk mendeteksi kesehatan dan juga gejala Covid-19. Dilansir dari Cnet, Oura Health mengonfirmasi bahwa mereka menyediakan cincin pintar untuk para pemain NBA, dan juga staff tim dan liga.

Cincin pintar ini akan memberikan peringatan dini jika pemain berisiko tertular virus corona. Hal ini dikarenakan perusahaan platform Enterprise Illness Management (EIM) dapat menilai risiko dengan melihat suhu tubuh pengguna, laju pernapasan, detak jantung istirahat dan variabilitas detak jantung.

“Sekarang  kita memiliki bukti kuat bagaimana Oura dapat mendukung penemuan dalam deteksi dini penyakit, profil gejala dan penyembuhan. Bekerja bersama NBA adalah langkah berikutnya dari misi kami untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat,” ujar Harpreet Rai, CEO Oura melalui email.

Oura menyebutkan jika cincin pintar ini juga disediakan bagi para petugas kesehatan garda depan Covid-19 selama masa uji coba bersama peneliti di University California, San Francisco dan The Rockefeler Neuroscience Institute (RNI).

RNI mengatakan jika cincin Oura membuat mereka mampu untuk memperkirakan timbulnya gejala terkait Covid-19 seperti demam, batuk, kesulitan bernapas, kelelahan dan lain-lain tiga hari sebelumnya dengan akurasi lebih dari 90 persen.

Para pemain NBA sendiri akan tinggal di tiga resor Disney World yang terpisah semenjak masa persiapan hingga musim berakhir. Pertandingan akan dilangsungkan di fasilitas ESPN Wide World of Sport. Sementara itu, NBA masih belum mau berkomentar mengenai hal ini. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
FDA Sahkan SalivaDirect, Tes Covid-19 Murah yang Diujicobakan Pada NBA

Sport
Pemain NBA yang Pertama Positif Covid-19 Ini Telah Sembuh

Sport
Lionel Messi Tak Hadiri Tes Covid-19 di Barcelona, Memberontak?