Korea

8 Pesan Subliminal yang Inspiratif di MV Seventeen "Left n Right"

Delima Pangaribuan

Posted on June 23rd 2020

 
Carat udah berpesta ria kemarin (22/6) nyambut comeback Seventeen. Album Henggarae dan lagu-lagu di dalamnya langsung meroket di chart-chart musik Korea. Dan yang nggak kalah menarik adalah MV dari title track-nya, Left n Right. 
 
Sesuai ekspektasi, bahkan mungkin melebihi, member Seventeen kelihatan fresh di MV yang sarat unsur komikal ini. Soal visual sih gak usah dipertanyakan lagi, udah pasti pada cakep-cakep. Tapi selain MV-nya lucu dan menghibur, ternyata ada banyak pesan "tersembunyi" yang penuh inspirasi dalam MV ini. Apa aja tuh?
 
 

1. Lakukan yang terbaik
Di awal-awal MV, kita bakal liat beberapa member siap-siap lomba lari. Kalau diperhatikan, di papan skor belakang ada tulisan yang cukup gede. Do your best alias lakukan yang terbaik. Nah, waktu lombanya dimulai, ternyata cuma satu member yang lari. Seungkwan. 
 
Yang lainnya mah santai-santai aja. Tapi kalau diperhatikan, Seungkwan terus lari meskipun sendirian. Gak berhenti. Di sini Seventeen seolah kasih pesan bahwa pace kita yang kita sendiri yang nentuin. Gak harus selalu ngikutin orang lain. Tetap lakukan yang terbaik meskipun sendirian. 
 

 
2. Peribahasa
Setelah Seungkwan lari, dia berhenti sebentar ngambil nafas di depan dua papan besar. Yang satu tulisannya "the early bird catches a worm". Arti harfiahnya, burung yang bangun pagi-pagi bakal dapat cacing. Ini semacam peribahasa yang artinya semakin cepat kita memulai, semakin banyak yang kita dapat.
 
Di papan kedua, ada tulisan "youth can change everything". Anak muda sering jadi tumpuan dan harapan karena kita bisa mengubah apa pun menjadi lebih baik. Jadi ingat kata-kata motivasinya Presiden Soekarno: Beri aku sepuluh pemuda, niscaya aku akan kuguncang dunia. 
 
 
3. Ubah rasa sakit jadi kekuatan
Bagian ini betul-betul harus jeli kita lihatnya. Ada scene di mana beberapa member duduk mengelilingi api unggun. Nah, Wonwoo kemudian ngelempar sebuah buku ke dalam api. Kalau diperhatikan, judul buku itu tertulis Turn The Pain Into Power.
 
Di sini, Seventeen mengibaratkan buku itu sebagai rasa sakit. Ketika dia dilempar ke api, apinya jadi makin gede. Alias buku itu nambah kekuatan api tersebut. Jadi, setiap rasa sakit yang kita rasain ternyata bisa jadi kekuatan, lho.
 
 
4. Lakukan yang terbaik (tapi boong)
Beranjak ke scene yang nunjukin part nyanyinya Dino. Di belakangnya ada tembok bata dengan tulisan hitam do your best, sama seperti yang di lapangan lomba lari pertama. Tapi, menjelang MV-nya berakhir, tembok itu dikasih tambahan tulisan sama Seventeen pakai pilox putih, "but maybe not sometimes".
 
Maksudnya, kita memang harus ngelakuin yang terbaik. Tapi kadang-kadang, gak ngelakuin yang terbaik juga gak apa-apa kalau kita lagi capek dan sampai pada batasnya. Istirahat sebentar, bersenang-senanglah, lalu mulai berusaha lagi.
 
 
5. Jangan baper
Siapa yang melting lihat scene Mingyu ngerap di balik pagar besi? Barangkali ada yang terlalu terpesona sampai ngelewatin satu detail kecil. Yup, di pagar depan Mingyu ada satu papan warna merah yang muncul sekelebat. Tulisannya "beware feelings".
 
Artinya, dalam kehidupan sehari-hari, kita juga harus waspada sama yang namanya feeling alias perasaan. Maksudnya, jangan apa-apa dimasukin ke hati atau dibaperin, misalnya kalau ada yang ngomong jelek soal kita atau menjatuhkan kita.
 
 
6. Boleh minta tolong
Ngerasa stuck sama kehidupan? Jangan ragu dan gengsi buat minta tolong. Bahkan superhero pun butuh pertolongan kalau mereka lagi lemah. Pesan ini bisa kita temuin di scene-nya Jun. 
 
Jun kelihatan berdiri di tengah jalan, di antara lalu lalang mobil. Dia megang tulisan dari kardus bunyinya "help me". Kalau ngerasa sedang nggak sanggup buat terus berusaha dan ngelakuin yang terbaik, kita boleh kok minta tolong. Jangan takut dianggap lemah.
 
 
7. Tentukan arah sendiri
Kadang-kadang anak muda tuh mengalami krisis bingung menentukan arah. Kita cenderung berusaha mencari petunjuk dari orang yang lebih tua dan mengikuti cara mereka. Kalau bisa, persis. Biar berhasil. Padahal gak harus selalu begitu.
 
Di scene akhir-akhir, waktu para member kebingungan ngeliatin arah yang semrawut ke kanan dan ke kiri, Joshua malah memutar tanda-tanda itu menghadap ke atas. Mereka mau bilang ke kita kalau kita ini bisa kok menentukan arah kita sendiri, ke mana kita mau berjalan. Asalkan harus yakin.
 
 
8. Jangan takut dan tetap selow
Menyambung dari scene Joshua yang ngeganti arah papannya, S.Coups udah ada dalam mobil dan siap-siap jalan (atau terbang) ke atas. Kelihatannya konyol ya, mana ada mobil arahnya ke atas? Kalo gak ke depan ya belok kanan atau kiri, harusnya.
 
Mana abis gitu mobilnya S.Coups ternyata jatoh. Tapi di sini Seventeen mau kasih pesan supaya kita gak takut mencoba hal baru yang mungkin kelihatan gak masuk akal. Walaupun akhirnya gagal dan jatuh kayak S.Coups. tetap selow. Buktinya S.Coups tetap bisa keluar mobil dan malah joget-joget abis mobilnya jatuh. (*)
Related Articles
Korea
Efek Seteru Big Hit vs MBC, Seventeen Diduga Tak Tampil di Music Core

Korea
Sudah Kerja Sama, Pledis Akan Unggah Konten-kontennya ke YouTube Big Hit

Korea
Pledis Konfirmasi Seventeen akan Comeback Bulan Depan