Hobi

Steam akan Kenakan Pajak Bagi Pembeli Game Mereka!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 20th 2020

Sejak beberapa tahun belakangan, para penggemar game konsol dapat bernapas lega dan mulai lebih leluasa dalam menikmati game-game kesayangannya.

Steam, situs pengunduh game berbayar membuat banyak game konsol menjadi dapat dimainkan di PC. Sehingga para gamer tidak perlu membeli konsol terbaru yang mahal hanya untuk dapat memainkan game yang mereka inginkan.

Ada kabar terbaruuntuk para pelanggan Steam di Indonesia. Terhitung sejak 1 Juli mendatang, Steam Indonesia akan memberlakukan pajak 10 persen untuk setiap pembelian game yang mereka jual. Informasi tersebut sudah dikonfirmasi oleh Steam.

Langkah yang diambil Steam tersebut bukan langkah mandiri. Melainkan perpanjangan tangan dari kebijakan Pemerintah Indonesia yang mengenakan pajak 10 persen terhadap komoditas-komoditas digital, termasuk video games.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 48/PMK.03/2020 yang mulai berlaku sejak 1 Juli mendatang.

Selain Steam, langkah ini juga akan diikuti oleh toko game lain, seperti Uplay dan Origin. Meski cenderung kecil, angka 10 persen sebenarnya cukup besar jika harga game yang dijual tergolong mahal.

Tentu saja pemberlakuan pajak video game tidak akan menyurutkan minat pelanggan setia game online yang memang menjadikan game sebagai kebutuhan>

Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak mampu memperoleh game secara legal dari store resmi? Akankah kebijakan ini meningkatkan angka pembajakan game di masyarakat Indonesia? Kita lihat saja nanti, ya.(*)

 

Related Articles
Hobi
Musibah Bagi Pemain Game Cyberpunk 2077: Gameplay Cacat, Refund Bermasalah

Hobi
Riset Ini Buktikan Jika Pemain XBox Lebih Toxic daripada Pemain PlayStation

Hobi
CD Projekt Red Rilis Video Permintaan Maaf Atas Semua Bug di Cyberpunk 2077