Tech

WhatsApp Bisa Buat Transaksi Digital, Uji Cobakan Fitur Baru di Brazil

Delima Pangaribuan

Posted on June 16th 2020

(WhatsApp Blog)

 

Beberapa waktu lalu, WhatsApp mengumumkan kalau mereka bakal menyediakan fitur baru berupa uang digital. Supaya para pengguna bisa melakukan transaksi online langsung di aplikasi chat ini. Nah, sekarang fitur itu udah mulai diujicobakan langsung, lho.
 
Melansir Android Authority, WhatsApp meluncurkan fitur Payments on WhatsApp hari ini (16/6). Tapi memang belum bisa dipakai sama semua pengguna. Kalau kalian coba buka WhatsApp, fitur itu belum ada.
 
Fitur baru ini sementara diluncurkan di Brazil aja. Peluncuran ini diumumkan di blognya WhatsApp. "Kami berharap akan menghadirkannya untuk semua orang seiring perkembangan selanjutnya," begitu bunyi pernyataan yang diunggah WhatsApp.

 
Dari unggahan blog itu juga, WhatsApp menerangkan kalau user bisa mengirim uang ke kontak pribadi secara cuma-cuma. Alias nggak akan dikenai fee atau biaya admin. Tapi berbeda dengan akun bisnis, user tetap akan dikenai fee sebesar 3,99 persen seperti dikutip Tech Crunch.
 
Proses transaksi keuangan di WhatsApp ini dikelola oleh Facebook Pay, secara mereka juga udah satu perusahaan. Metode ini dipilih karena lebih praktis daripada harus membuat cryptocurrency baru. Facebook Pay sudah lebih dulu ada dan bekerja sama dengan banyak pihak sehingga transaksi bisa lebih mudah.
 
Payments on WhatsApp ini dibuat karena banyak orang sekarang menggunakan aplikasi chat tersebut untuk bisnis. Memang ada platform online marketplace, tapi terkadang penjual dan pembeli tetap berkomunikasi lewat aplikasi chat lain yakni WhatsApp, karena bisa sekalian kirim attachment lain seperti foto produk dan daftar harga.

 
Dengan pembayaran lewat WhatsApp, orang nggak perlu lagi keluar dari aplikasi chat ini buat transfer uang. Nggak perlu repot-repot buka m-banking dulu dan copy paste nomor rekening tujuan. Demi keamanan, WhatsApp bakal memberlakukan pula pin 6 digit sebelum transaksi diproses, sama seperti di m-banking.
 
Oh ya, fitur ini juga mendukung penggunaan kartu debit dan kredit dari bank-bank di Brazil saat ini. Jadi kalau pas transaksi pakai kartu kredit, misalnya, maka nominal transaksi kita bakal bertambah secara otomatis ke tagihan kartu kredit. (*)
 
Artikel Terkait
Tech
Rilis Tab Facebook Shop demi Dukung Usaha Kecil

Current Issues
Facebook Pay Bakal Masuk Indonesia, Ini Kelebihannya

Interest
Facebook Siapkan 'Facebook Pay', Bisa Juga Digunakan di WhatsApp dan Instagram