Hobi

11 Langkah Latihan Bernyanyi Sambil Bermain Gitar

Tora Nodisa

Posted on June 16th 2020

Banyak orang bisa bernyanyi. Banyak pula orang yang bisa bermain gitar. Namun, jarang ada yang bisa bernyanyi sambil bermain gitar sama baiknya. Ini adalah tentang koordinasi tangan dan vokal.

Bernyanyi sambil bermain gitar, baik listrik atau akustik, menjadi tantangan yang menakutkan bagi musisi pemula. Memiliki kepekaan nada dalam bernyanyi, mengontrol ritme dengan petikan gitar. Itulah yang harus dilakukan agar bisa bernyanyi sambil bermain giar dengan baik. Ada 11 langkah latihan yang bisa dicoba. Setelah 11 langkah ini dikuasai, maka hal tersebut menjadi dasar bagi yang ingin menulis lagu sendiri.

Berikut adalah 11 langkah latihan bernyanyi sambil bermain gitar:

1. Satukan Pikiran
Seorang pianis menggunakan kedua tangannya untuk memainkan dua nada yang sama dengan ritme yang berbeda. Drummer juga menggunakan empat anggota badan, dua tangan dan dua kaki, untuk bersama-sama memainkan alat musiknya. Jadi satukan pikiran dulu, bahwa bernyanyi dan bermain gitar bukan dua hal yang terpisah.

2. Ritme Sederhana, Rima Sederhana
Jangan menyulitkan diri dengan lagu yang sulit. Karena lagu yang sulit dipelajari justru membuat frustasi dan menyerah pada akhirnya.

Cobalah berlatih dengan lagu-lagu dengan chord sederhana dan lirik yang mudah diingat. Seperti lagu anak-anak, atau lagu-lagu lama dengan chord sedikit. Contohnya "The Beatles" atau "Koes Plus".

3. Cobalah Chord Dasar
Mencoba mengingat bagaimana chord B7, sama saja menyiksa diri sendiri. Lalu memainkan B7 sambil bernyanyi. Itu juga akan membuat frustasi. Jadi cobalah melancarkan chord sederhana dulu.

Kuasailah chord sederhana. Usahakan tidak berpikir chord ketika bernyanyi. Inilah yang akan membebaskan pikiran dari ritme gitar. Sehingga bisa konsentrasi bernyanyi.

4. Usahakan Dengan Metronom
Untuk mengatur ritme dengan baik, maka diperlukan metronom. Sangat mudah untuk mendapatkan metronom. Tinggal mencari aplikasi metronom dan memasangnya di smartphone.

Usahakan meluangkan waktu 10 menit untuk berlatih memetik gitar dengan metronom. Ini bisa meningkatkan kemampuan memetik gitar secera bertahap.

5. Cobalah Fokus
Pemula biasanya terganggu dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Cobalah bernyanyi sambil bermain gitar sambil menonton televisi. Kalau bisa melewati ujian sederhana ini, maka fokus sudah baik. Tinggal menyesuaikan, apakah permainan dan lagu yang dinyanyikan bisa lancar atau terbata-bata.

6. Tahu Cara Bernyanyi
Tantangan bernyanyi sambil bermain gitar yang paling sulit adalah saat perubahan chord. Nah, kali ini cobalah untuk bernyanyi dengan lancar dulu. Baru setelah itu, mencoba berkonsentrasi pada perubahan chord. Ini ada kaitannya dengan tips nomor dua, yaitu memilih lagu yang sederhana, yang liriknya mudah diingat. Agar bisa lancar menyanyi.

7. Bersenandung Dulu
Bersenandung bisa jadi langkah kecil agar bisa bernyanyi sambil bermain gitar dengan baik. Bersenandung juga bisa melatih pitch control agar tidak fals saat bernyanyi dengan lirik.

8. Perlambat Ritme
Jangan mencoba lagu dengan ritme cepat bila sedang belajar. Inilah kesalahan mendasar bagi orang yang belajar bernyanyi sambil bermain gitar. Usahakan memilih lagu yang lambat, atau memperlambat lagu yang cepat. Saat ini contohnya sudah banyak. Beberapa orang menyanyikan lagu rock atau genre lain dengan tempo lambat. Istilah yang nge-trend sekarang adalah acoustic cover.

9. Menguasai Fingerpicking
Memang sulit menguasai fingerpicking, apalagi pemula. Tapi bukan mustahil untuk dilatih. Cobalah memainkan gitar dengan petikan sederhana. Lalu baru ubahkan petikan itu dengan fingerpicking. Biasanya lagu dengan fingerpicking ini bisa meluluhkan hati pendengarnya.

10. Mengubah Kunci Sesuai Vokal Kita
Tahukah kamu, bila setiap gitar akustik seharusnya dilengkapi dengan capo. Alat sederhana ini bisa besar sekali fungsinya. Tujuan capo adalah membuat kunci sederhana, tapi nadanya sesuai dengan kemampuan vokal penyanyinya.

11. Berlatih
Tentunya ini jadi kunci utama agar bisa bernyanyi sambil bermain gitar dengan sempurna. Usahakan dalam satu minggu, ada dua atau tiga lagu yang dikuasai.

Selamat mencoba. (*)

Artikel Terkait
Hobi
Pecah Rekor! Gitar Akustik Mendiang Kurt Cobain Laku 85,6 Miliar Rupiah

Hobi
Gitar Unplugged Kurt Cobain Akan Dilelang. Harga Pembukaan Rp 14,9 Miliar

Hobi
Lagu Ulang Tahun 'Panjang Umurnya' Ternyata Bukan Asli Indonesia