Lifestyle

Off-White x Air Jordan 1 "The Ten" Dibuat dari Daur Ulang Kursi Pesawat

Tora Nodisa

Posted on June 14th 2020

Seorang desainer bernama Ceeze telah berhasil membuat salah satu siluet Off-White x Air Jordan 1 "The Ten" yang ikonik. Sneakers ini dibuat dari sampah pesawat. Tepatnya diambil dari kursi pesawat tersebut. Sneakers daur ulang ini bukan hanya ikonik, namun juga punya tujuan sosial.

Off-White dan Jordan Brand memulai proyek ini dengan menggandeng Aircraft Solutions, perusahaan daur ulang pesawat yang berbasis di North Carolina, Amerika Serikat. Aircraft Solutions menyediakan material kursi bekas pesawat. Satu set kursi bekas pesawat terbang dijadikan 12 pasang sneakers.

Detail sneakers Off-White x Air Jordan 1 yang dibuat dari daur ulang kursi pesawat. (Foto: ceezemc)

Secara desain, sneakers ini masih didominiasi desain asli milik Virgil Abloh. Tetapi ada beberapa unsur milik Off-White buatan Abloh yang dihilangkan, yaitu panel kulit paten berwarna putih. Diganti dengan kulit jok pesawat berwarna abu-abu. Semakin terlihat jelas dengan pinggiran kuning yang dibuat dengan tangan alias hand-made. Sedangkan untuk logo "Swoosh" dibuat dari bahan 3M. Ada detail kecil yang menarik di bagian kerah sepatu, yaitu lukisan pesawat berwarna kuning.

Yang terbaik dari semuanya, ternyata 12 pasang sneakers ini akan dilelang dan hasilnya disumbangkan. Nantinya Ceeze, Crep Protect, DJ Skee, dan Jeff Staple akan mengundi 12 pasang sneakers tersebut. Hasilnya 100 persen disumbangkan untuk dana pertahanan hukum NAACP dan Philando Castile Foundation.

Untuk bisa ikut undian, semua orang diwajibkan menyumbang AS$ 5. Setiap orang bisa membeli sebanyak-banyaknya tiket undian yang bisa didapatkan di ceezemc.com. Undian akan ditutup pada 22 Juni 2020 mendatang. (*)

Foto: Ceezemc.com

Artikel Terkait
Lifestyle
Off-White x Air Jordan 4 akan Rilis Bulan Ini

Lifestyle
Justin Bieber Bersepeda Pakai Outfit Puluhan Juta

Lifestyle
Di 2020, Gen Z Salip Milenial Dalam Hal Sneakerhead