Lifestyle

Bosan Dengan Dalgona? Lima Kreasi Kopi Instan Ini Bisa Jadi Pilihan Lain

Dwiwa

Posted on June 14th 2020

Sejak pandemi Covid-19 menyerang, orang-orang tidak lagi bisa bebas menikmati kopi di kedai favorit mereka. Mau tidak mau, para pecinta kopi harus menjadi kreatif agar tetap dapat menikmati sumber kafein ini meski saat di rumah aja.

Kopi instan yang dulu biasa menjadi sajian saat di kantin ataupun hotel melati pun membuat comeback yang luar biasa. Orang-orang mulai membuat tutorial di Instagram dan TikTok tentang cara mengolah kopi instan yang mungkin dulu jarang dilirik.

Salah satu yang sempat menjadi tren adalah dalgona. Sebuah resep minuman sederhana dari campuran gula, kopi instan, air panas dan susu. Tapi setelah berbulan-bulan, mungkin kalian mulai bosan dengan resep yang satu ini.

Nah jika itu yang terjadi, berarti ini adalah waktunya bagi kalian untuk mencoba resep baru. Hanya dengan bermodalkan kopi instan dengan harga terjangkau, minuman ala kafe sudah bisa dihadirkan di meja.

Lalu apa saja resep yang bisa dicoba dari kopi instan ini? Dilansir dari Insider, berikut lima resep olahan kopi yang bisa dijadikan ide jika kalian sudah bosan minum dalgona.

 

1. Kopi Jelly


(Source: Teh Subeversive Table)

Mendengar namanya mungkin kalian berpikir jika kopi jelly memiliki kombinasi rasa dan tekstur yang aneh. Tetapi kopi jelly adalah sebuah anugerah. Seorang blogger Korea Amerika Lis Lam membagikan resep ini di blognya, The Subversive Table.

Minuman ini menggunakan bahan-bahan lama yang mengingatkan kita pada tahun 1950-an. Susu kental dicampur dengan susu segar lalu dituangkan di atas jelly sebelum disajikan. Kurang retro apa coba?

Jelly ini bisa dibuat lebih dahulu dan kemudian di atasnya dituangkan susu manis dan kopi sebelum disajikan. Olahan kopi ini disajikan Lam sebagai menu penutup makan malam. Tetapi siapa yang bilang jika ini tidak bisa untuk pagi hari?

 

2. Kopi telur Vietnam

Langkanya susu segar pada masa perang Vietnam menyebabkan terciptanya kreasi telur kopi atau ca phe trung, sebuah resep yang menjadi favorit di Vietnam sejak dulu.

Di Indonesia, kopi seperti ini memang tidak begitu populer. Tapi di beberapa kota di Sumatera sebenarnya kopi telur sudah ada sejak lama.

Untuk membuat kopi ini sama seperti dalgona. Kalian membutuhkan pengocok listrik atau alat pengocok manual, karena telur dan susu kental perlu dikocok hingga menjadi ringan dan halus.

 

3. Granita di Caffe con Panna

Menurut penulis 'Italian Chef', Phil Torre merasakan kopi granita ini lebih segar dibanding es kopi. Di Sisilia, Italia, mereka meminum granita untuk sarapan. Namun olahan ini juga dapat menjadi hidangan penutup yang luar biasa.

"Ini adalah kombinasi yang luar biasa, dengan manisnya krim yang menyeimbangkan rasa kopi yang pekat,” tulisnya.

Granita pada dasarnya adalah es serut. Jadi tidak seperti membuat es krim, kalian tidak perlu khawatir tentang terbentuknya kristal es karena membeku. Untuk membuatnya, cicipi terlebih dahulu campuran sebelum membekukan kopinya.

 

4. Coffee Bean Cookies

Jika kalian ingin olahan kopi yang juga bisa dipamerkan di media sosial, mungkin biskuit imut ini bsia menjadi salah satu pilihan. Terbuat dari bubuk kopi instan, resep dari Vancouver Pigout ini cocok ketika kalian tidak memiliki bahan pemanggang.

Biskuit berukuran satu gigitan ini tidak terlalu manis dan mereka sangat cocok dipadukan dengan kopi di malam hari untuk mendapatkan asupan kafein ganda.

 

6. Tiramisu Swiss Roll Cake

Terakhir, penulis buku resep Izy Hossack memberikan jawaban untuk resep kopi instan, dan pemenangnya adalah swiss roll cake dari Top With Cinnamon. Perpaduan tiramisunya mungkin menjadi hidangan penutup terhebat yang pernah ditemukan, dan yule log atau Buche de Noel begitu memukau Izy.

“Mereka adalah kombinasi sempurna karena setengah dari tiramisu berupa jari-jari spons, yang sangat mirip dengan genois yang digunakan pada yule log. Kalian bisa membuatnya di malam hari dan menyimpannya di kulkas. Faktanya, ini menjadi lebih lezat setelah beberapa waktu karena kue semakin diresapi oleh isian minuman keras mascarpone.(*)

Related Articles
Lifestyle
Bosan Minum Kopi yang "Itu-Itu" Aja? Coba Bikin Kopi Khas Sejumlah Negara Ini...

Current Issues
Selain Bikin Lembab, Ini Manfaat Lain Kopi Buat Kulitmu 

Lifestyle
Kopi vs Minuman Berenergi, Mana yang Bikin Lebih Semangat?