Tech

Rapat di Google Meet Kini Bisa Sambil Presentasi Materi, Lho!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 14th 2020

Selain Zoom, Google Meet adalah platform video-conference favorit masyarakat Indonesia dalam melakukan rapat online. Demi mengungguli Zoom, Google tampaknya terus meng-upgrade fitur dan layanan Google Meet. Termasuk yang berkaitan dengan UI (user interface).

Yang terbaru, Google Meet kini menyediakan ruang bagi peserta rapat online untuk meletakkan materi presentasi di latar aplikasinya, sehingga penggunanya dapat memaparkan materi interaktif sepanjang rapat.

Ini bukan pertama kalinya Google berusaha mengimbangi Zoom. Sebelumnya, pada April lalu Google Meet juga menyediakan pilihan layout title mirip Zoom yang bisa diisi maksimal 16 orang. Kini, layout tersebut sudah dimodifikasi sehingga para pengguna Google Meet dapat melihat peserta lain meski ada satu orang yang sedang presentasi.

Layar presentasi menempati sebagian besar bagian yang ada pada tampilan Google Meet, sementara tampilan peserta rapat akan muncul di pinggir atau bawah layar. Google berharap update mereka ini dapat membuat rapat online makin terasa seperti rapat fisik.

Sebagaimana diketahui, penggunaan Google Meet meningkat drastis sejak pandemi Covid-19 berlangsung. Berbagai kegiatan yang melibatkan aktivitas dan pertemuan fisik, seperti bekerja di kantor, belajar sekolah, kuliah, lokakarya hingga rapat organisasi pun beralih menjadi rapat online.

Selain Zoom, Google Meet termasuk yang banyak diminati orang-orang. Apalagi ketika penggunaannya digratiskan untuk sementara waktu. Meski dapat diakses secara gratis, tapi Google memberikan privilege khusus kepada pengguna G Suite dalam menggunakan Google Meet.(*)

Related Articles
Tech
Cegah “Zoombombing”, Google Meet Pasang Fitur Keamanan Kelas Online

Tech
Google Meet Kini Gratis, Apa Kelebihannya Dibanding Zoom?

Tech
Facebook Gandeng Saingannya, Zoom, untuk Facebook Portal