Tech

Asyik, Empat Fitur Terbaru Ini Bakal Manjakan Pengguna WhatsApp

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 14th 2020

WhatsApp saat ini merupakan perangkat chat yang paling aktif digunakan oleh pemilik ponsel di seluruh dunia. Fitur pesan terenkripsinya membuat semua orang merasa aman berkomunikasi via Whatsapp karena minimnya kemungkinan penyadapan dan pembajakan oleh pihak ketiga, termasuk perusahaan pengelolanya sendiri, Facebook.

Seiring dengan makin banyaknya pengguna WhatsApp, maka Facebook pun perlu berinovasi agar aplikasi chat ini menjadi lebih baik. Salah satu fitur yang selama ini ditunggu sebagian pemakainya adalah fitur login di berbagai perangkat sekaligus, mengingat selama ini pemilik akun WhatsApp harus logout dari satu perangkat sebelum bisa login di perangkat lainnya, dan hal tersebut cukup merepotkan.

Facebook saat ini tengah menguji coba fitur tersebut, bersamaan dengan berbagai fitur terbaru lainnya yang mereka siapkan untuk pengguna WhatsApp di seluruh dunia.

Apa saja fitur-fitur baru tersebut? Ini yang Mainmain rangkum buat kamu!

 

Login pada Banyak Perangkat Berbeda Sekaligus

WhatsApp sebelumnya sudah menyediakan Whatsapp Web yang bisa dibuka bersamaan dengan WhatsApp Mobile. Namun, fitur tersebut tersedia hanya untuk satu perangkat, dan tidak bisa dioperasikan pada dua PC yang berbeda secara bersamaan.

Dari info yang dibocorkan oleh WABetaInfo, fitur terbaru WhatsApp yang memungkinkan login pada banyak perangkat sekaligus kini masih dalam tahap pengembangan dan mungkin akan muncul pada update yang berikutnya. 

 

Search by Date

Tidak lama lagi, pengguna WhatsApp juga akan bisa melakukan pencarian chat atau pesan di sebuah percakapan lewat fitur search by date. Fitur ini membuat pengguna WhatsApp dapat melakukan pencarian chat secara spesifik, termasuk foto, berkas, link dan video yang pernah dibagikan pengguna WhatsApp lain pada sebuah chat atau grup percakapan.

Meski saat ini fitur ini baru tersedia di iOS, WhatsApp berencana membawa update ini ke Android dan WhatsApp Web dalam waktu dekat.

 

Storage Usage

Salah satu masalah utama lain yang menghantui para pengguna WhatsApp adalah kapasitas memori yang digunakan aplikasi ini. Melalui update storage usage, pengguna WhatsApp dapat melihat secara lebih spesifik berapa banyak kapasitas ROM yang digunakan.

Update ini memberikan gambaran lebih detil kepada pengguna tentang kondisi memorinya yang digunakan oleh WhatsApp.

 

Penghapusan Pesan Berbintang

Update satu ini akan membuat penghapusan pesan di WhatsApp menjadi lebih efektif dan efisien. Pengguna WhatsApp dapat menandai setiap chat dengan "bintang" lalu melakukan penghapusan semua chat. Semua chat di WhatsApp pun akan terhapus, kecuali pesan yang telah ditandai. (*)

 

 

Related Articles
Tech
WhatsApp Bakal Rilis Fitur Pesan Menghilang, Cocok Buat Bicarain Rahasia

Tech
Gara-Gara WhatsApp “Berulah”, Signal dan Telegram Kebanjiran Pengguna Baru

Tech
Trik Ampuh Biar Bisa Kirim File Besar Lewat WhatsApp