Tech

Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 14th 2020

Pekan ini, Google merilis versi beta Android 11. Jika kamu pengguna ponsel dengan OS Android, sekarang kamu sudah bisa meng-install versi beta Android 11 dengan syarat smartphone-mu minimal harus Pixel 2 atau Google Pixel terbaru lainnya.

Sejauh ini, ada lima fitur terbaru yang menjadi nilai jual andalan Android 11. Apa saja? Mainmain merangkumnya untuk kamu!

 

Quick Control

Ini adalah fitur terbaru Android yang belum pernah ada di seri Android lain sebelumnya. Setelah kamu meng-install Android 11, coba tekan tombol power agak lama. Menu quick control akan muncul di layar smartphone-mu.

Menu ini menampung berbagai aplikasi bawaan dari Android dan smartphone yang kamu gunakan, seperti Google Assistant. Kamu dapat mengatur ulang tampilannya dengan memilih perangkat smart home apa yang ingin diletakkan di tampilan quick control.

 

Messaging Bubble

Messaging bubble adalah fitur yang sempat muncul di versi beta Android 10, tapi dihilangkan oleh Google saat versi resmi dari Android 10 dirilis. Messaging bubble mirip dengan fitur chat head Facebook Messengers yang biasanya tampil di latar belakang layar smartphone

Ketika diaktifkan, sebuah avatar kecil yang dinamai bubble akan muncul dan menempel di tampilan layarmu, tak peduli aplikasi apapun yang sedang kamu buka. Jika menekan bubble, kamu bisa mengobrol dengan pengguna Android lainnya.

Pada versi beta, aplikasi yang tampaknya terintegrasi dengan bubble hanya Facebook Messenger, dan itu pun masih belum berfungsi dengan baik. Google mungkin akan memperbaiki bug tersebut sebelum peluncuran versi full Android 11.

Tampilan bubble di layar smartphone dapat dihilangkan dengan menekan dan menarik ikon bubble ke bawah layar. Bubble dapat kembali dimunculkan dengan menekan ikon bubble yang ada di bagian bawah kanan pojok notifikasi.

 

App Suggestions

App Suggestion, sesuai namanya, adalah fitur Android 11 yang merekomendasikan aplikasi-aplikasi Android yang mungkin cocok untuk kamu gunakan. Saat kamu meng-install Android 11 di ponselmu dan melakukan restart, OS ini akan menanyakan apakah kamu ingin mengaktifkan app suggestion di tampilan home atau tidak.

Jika diaktifkan, maka Android 11 akan menampilkan aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan untuk kamu di bagian bawah tampilan home secara sekaligus.

Aplikasi yang direkomendasikan lewat fitur ini juga berubah dari waktu ke waktu setiap kamu kembali ke tampilan home. Kamu bisa menekan ikon aplikasi tersebut untujk menyematkannya di tampilan home, atau memblokir rekomendasi aplikasi yang tidak kamu inginkan.

Fitur ini dapat diakses dengan menekan tombol home lama-lama.

 

Music Control yang Lebih Keren

Tampilan interface yang simpel dan elegan selama ini biasanya merupakan nilai jual iOS. Meski begitu, bukan berarti Android kalah dalam hal ini. Dalam sebuah blogpost di situs resminya, Google menunjukkan tampilan music control Android 11 yang lebih keren.

Playback control yang selama ini lebih sering tampak seperti notifikasi pending di layar home, kini berpindah tempat ke panel quick settings yang ada di bagian atas layar.

Pada tampilan beta Android 11, fitur ini masih "agak sulit" ditemukan. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengakses menu developer options. Pertama-tama, buka aplikasi Settings, lalu pilih About Phone. Cari dan pilih Build Number, lalu tekan sampai muncul sebuah notifikasi yang berbunyi : "Congrats! You're now a developer."

Berikutnya, masuklah ke menu Developer Options di Settings, kemudian System, lalu nyalakan Media Resumption dan restart ponselmu.

 

Perekam Layar (Screen Recorder)

Bagi sebagian orang, fitur screen recorder merupakan fitur yang penting dalam mendokumentasikan suatu percakapan, video atau bacaan di ponsel. Fitur ini juga adalah fitur andalan bagi content creator dan gamer.

Jika selama ini pengguna Android perlu mengunduh aplikasi perekam layar dari Play Store, kini mereka cukup meng-upgrade android mereka ke seri Android 11. Aplikasi screen recorder sudah tersedia sebagai aplikasi bawaan dan siap dipakai.

Menu Screen Record terdapat di panel quick settings. Jika tidak ada, coba tekan ikon berbentuk pensil untuk memasukkan fitur ini ke panel quick setting-mu.

Selain merekam aktivitas ponsel dalam bentuk video, fitur ini juga menyediakan menu untuk merekam audio dan merekan jejak sentuhanmu di layar ponsel dalam video yang direkamnya. Video yang direkam akan tersimpan di folder kamera rol pada ponselmu.

  

Google masih punya kejutan-kejutan kecil lainnya yang belum mereka bongkar kepada pengguna Android, sehingga bukan tidak mungkin untuk ke depannya, akan ada fitur-fitur baru yang mewarnai full version dari Android 11. Gimana? Apakah kamu termasuk tim Android atau tim iOS? (*)

Artikel Terkait
Tech
Google Rilis Versi Beta 3 Android 11

Tech
Bulan Depan, Clubhouse Bakal Ada di Android?

Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya