Entertainment

Kolaborasi dengan Looney Tunes, Pokemon Rilis Kartun Pendek 'PokeToon'

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 12th 2020

Selain kartun asal Jepang, masa kecil anak-anak Indonesia (yang sekarang bukan anak-anak lagi) di depan televisi biasanya diisi dengan kehadiran kartun-kartun Disney, Warner Bros., Nickelodeon dan Cartoon Network asal Amerika Serikat. Salah satu waralaba karakter kartun yang paling populer adalah Looney Tunes besutan Warner Bros. yang memang sudah terkenal menghibur anak-anak lintas generasi di seluruh dunia.

Kartun Looney Tunes biasanya membawakan lelucon-lelucon slapstick yang dikemas untuk anak-anak. Karakter-karakternya yang kebanyakan berwujud hewan, seperti Bugs Bunny, Daffy Duck, Hamton dan Coyotte juga sempat dibuatkan film semi live action berjudul "Space Jam" yang berkolaborasi dengan legenda NBA, Michael Jordan. Tapi bagaimana jadinya jika kartun Looney Tunes melakukan crossover dengan waralaba lain yang tidak kalah populernya, seperti Pokemon?

Saluran YouTube Pokemon Kids TV baru-baru ini mengunggah sebuah video berdurasi empat menit yang menampilkan kartun pendek Pokemon. Uniknya, kartun Pokemon ini dianimasikan dengan gaya Looney Tunes.

Episode kartun pendek yang kemudian dinamai "Poketoon" ini berjudul "Chase the Beans". Elemen-elemen khas kartun Looney Tunes tampak bermunculan sepanjang kartun tersebut, mulai dari karakter utama yang "bisu", efek suara, musik hingga adegan "berlari di udara kosong" yang biasanya diperagakan Coyotte di kartun "The Roadrunner Show". Chase the Beans menceritakan Pokemon Scraggy yang berusaha mendapatkan snack.

Kerjasama antara Looney Tunes dan Pokemon ini menjadi angin segar bagi penggemar Pokemon maupun penggemar Looney Tunes sekaligus. Mengingat kondisi dunia kini sedang tidak baik-baik saja dan terjadi stagnasi dalam industri hiburan, termasuk kartun, game dan film bioskop.

Bagi penggemar Pokemon, Poketoon adalah cara baru untuk menikmati waralaba Pokemon, selain lewat memainkan game kartu, Pokemon Go, game Pokemon Sword dan Shield dan menonton anime-nya. Sementara di sisi lain, penggemar Looney Toons dapat kembali bernostalgia mengenang tontonan masa kecil mereka lewat Poketoon.

Selain mencoba melakukan comeback lewat PokeToon, Looney Tunes juga dikabarkan akan membuat sekuel lanjutan dari Space Jam yang diperankan oleh LeBron James. Peluncuran HBO Max juga tampaknya akan menjadi wahana bagi kemunculan kembali serial Looney Tunes di masa mendatang.(*)

Related Articles
Hobi
Ulang Tahun ke-4 Pokemon GO Catatkan Penghasilan Rp 52 triliun

Entertainment
Inilah 5 Film Live Action Adaptasi Manga Terbaik Versi Mainmain.id!

Entertainment
Mengenal "Sakuga", Istilah yang Membumbui Adegan Aksi dalam Anime