Sport

Lalu Muhammad Zohri, Sprinter Muda yang Membungkam Dunia!

Hakiki Hijriawan

Posted on July 12th 2018

(via: twitter @iaaforg)

Jamaika punya Usain Bolt, Indonesia? Yes Indonesia punya Lalu Muhammad Zohri. Cowok asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu berhasil mengukuhkan jadi yang tercepat di dunia level U-20. Berlaga pada kejuaraan atletik IAAF World Championship U-20 100 meter di Tempere, Finlandia, bukan hal yang mudah. Tapi, cowok yang biasa dipanggil Zohri itu membuktikan, Indonesia bukanlah negara yang bisa dipandang sebelah mata.

Finish di urutan pertama Zohri menyingkirkan lawan-lawan kuatnya. Sebut saja duo sprinter asal Amerika Serikat Anthony Schwartz dan Eric Harrison, lalu Thembo Monareng dari Afrika Selatan, Dominic Ashwell dari Inggris, pelari Asia lainnya Daisuke Miyamoto dari Jepang, Henrik Larsson pelari asal Swedia dan sprinter negara asal pelari tercepat dunia Usain Bolt Jamaika, Michael Stephens.

Tentunya kemenangan ini, membuat rakyat Indonesia sangat bangga dengan cowok berusia 18 tahun itu. Sebab, di tengah hectic nya Piala Dunia, justru Zohri memberikan medali emas ke negara kita tercinta. Dilansir dari Twitter resmi IAAF Wolrd Championsip @iaaforg, keberhasilan Zohri memberikan kejutan dan sejarah bagi publik dunia. “What a historical moment! A Surpise win in the man’s 100m final,” tulis @iaaforg di Twitternya. Zohri keluar menjadi pelari asal Indonesia pertama yang berhasil menggondol medali di kejuaraan ini.

 

Selain itu, Zohri juga berhasil menorehkan rekor pribadinya. Zohri yang mencatatkan waktu 10,24 detik di semifinal. Dia pun berhasil memangkas waktu 0,06 detik di final, menjadi yang tercepat dengan waktu 10,18 detik. Sayangnya, Zohri belum bisa mematahkan rekor dunia U-20 100m yang mencapai 9,97 detik dan championship record 2018 adalah 10,05 detik. Namun, dengan torehan tersebut, cowok kelahiran 1 Juli itu berhasil mengamankan rekor nasional junior yang sebelumnya berada di 10,25 detik. Rekor itupun hampir menyamai torehan senior Zohri, Suryo Agung Wibowo yang berada di 10,17 detik, wow cuma beda 0,01 detik loh.

Zohri pun sangat bangga dan senang bisa keluar jadi juara di perhelatan ini. "Sangat bangga sekali terhadap apa yang saya dapatkan hari ini. Ini sangat luar biasa bagi saya," pungkas Zohri dikutip dari rilis Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Yuhuu, tentunya dengan keberhasilan ini, kita makin nggak sabar nunggu aksi Zohri di Asian Games 2018!

 

 

Related Articles
Sport
Bhinneka Tunggal Ika Berwujud Maskot Asian Games 2018

Sport
Adelaide Wongsohardjo, Bintang Muda Harapan Timnas Basket Indonesia  

Sport
Daftar Permainan Yang Bisa Semakin Menyemarakan Asian Games 2018

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI