Current Issues

California Buka Bioskop Dengan Aturan Baru, Mungkin Juga Berlaku di Indonesia

Dwiwa

Posted on June 9th 2020

California berencana untuk kembali membuka bioskop pada 12 Juni mendatang dengan menerapkan sejumlah aturan ketat social distancing, setidaknya untuk dua minggu pertama.

Rencana ini tertulis pada dokumen pedoman industri yang baru-baru ini dikeluarkan oleh negara bagian California pada hari Senin, termasuk juga beberapa langkah keamanan lain yang diperlukan.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, para pemilik bioskop dan studio Hollywood diberikan lampu hijau oleh pemerintah California dan Departemen Kesehatan Masyarakat minggu ini. Ini berarti Warner Bros mungkin masih bisa meluncurkan Tenet besutan Christopher Nolan di bioskop pada 17 Juli sesuai rencana awal.

Bioskop di seluruh negara bagian ini telah ditutup sejak 20 Maret lalu akibat pandemi Covid-19. Menurut sebuah sumber, ketika nanti dibuka kembali, edaran dari Gubernur Gavin Newsom menyebut jika bioskop membatasi kapasitasnya hingga 25 persen, atau tidak lebih dari 100 orang untuk setiap auditorium, tergantung mana yang lebih sedikit.

Jika semua berjalan dengan baik, peraturan ini diharapkan akan semakin longgar setelah dua minggu.

Selain mengurangi kapasitas hingga 25 persen, California juga merekomendasikan sejumlah tindakan keselamatan lain kepada para pemilik bioskop. Beberapa diantaranya adalah membatasi aliran penonton ke dalam bioskop untuk memastikan mereka berjarak 2 meter, membuat batas kursi, mewajibkan penggunaan masker saat keluar dan masuk bioskop.

Pengelola bioskop juga diwajibkan untuk menggunakan pelindung sekali pakai atau yang dapat dicuci untuk stand makanan. Pada saat puncak lalu lintas penonton, pintu pun harus dibiarkan terbuka. Termasuk membatasi pengguna di dalam toilet di waktu bersamaan dan menata ulang tempat parkir.

Meski belum ada aturan yang jelas untuk bioskop di Indonesia ketika nantinya dibuka kembali, tetapi peraturan yang dijalankan di California ini mungkin saja juga bakal berlaku di Indonesia.

Seperti apapun nantinya aturan yang berlaku, tetapi penggunaan masker, melakukan social distancing, dan pengurangan kapasitas orang dalam ruangan agaknya berlaku untuk semua industri demi memutus rantai penularan di era new normal. (*)

Related Articles
Current Issues
Apa Dampak Jangka Panjang Jika Terinfeksi Covid-19?

Current Issues
Mau Keluar Rumah? Yuk, Cek Dulu Tingkat Risiko Tempat yang Dituju

Current Issues
Virus Corona Disebut Airborne, Ilmuwan Desak WHO Revisi Rekomendasi