Entertainment

Dukung Gerakan Antirasialisme, Justin Bieber Apresiasi ‘Black Culture’

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 9th 2020

Billboard

 

Tewasnya George Floyd, warga berdarah Afrika-Amerika kembali mendorong masyarakat luas untuk melawan rasisme yang telah lama menjadi penyakit dalam tatanan kehidupan yang penuh keberagaman.

Figur publik ternama pun ikut bersuara, tak terkecuali Justin Bieber. Ia memang bukan warga berkulit hitam, namun ia sadar bahwa seniman berkulit hitam telah sangat berjasa pada karier bermusiknya.

Ini ia sampaikan melalui unggahan di Instagramnya. “Aku terinspirasi dari black culture,” tulisnya. “Black culture telah memberiku banyak inspirasi dan manfaat. Gayaku, cara bernyanyi, menari, hingga gaya berpakaianku tentunya dipengaruhi oleh black culture.”

Sebagai bentuk kepeduliannya, Justin menambahkan, “Mulai hari ini aku berkomitmen untuk menggunakan media yang aku miliki untuk menyuarakan ketidakadilan ras, penindasan akibat sistem masyarakat, dan mencari cara mendukung perubahan yang diperlukan untuk kebaikan.”

 

 

Pesan ini disampaikan dua minggu setelah kematian George Floyd yang tewas di tangan seorang polisi Minneapolis. Pembunuhan George Floyd hanya satu di antara ketidakadilan terhadap ras kulit hitam. Masih ada nama-nama seperti Breonna Taylor, Ahmaud Arbery, Tony McDade, dan banyak nama-nama lain yang mungkin tidak terdengar publik.

Jutaan masyarakat memprotes kasus ketidakadilan ras ini. Makin disayangkan bahwa Floyd terbunuh di tangan polisi yang seharusnya menjadi pelindung masyarakat.

Selama kariernya, Justin Bieber telah bekerja sama dengan musisi berkulit hitam yang berbakat seperti Usher, Big Sean, Nas, Travis Scott, hingga produser seperti Jason Boyd (Poo Bear). Musik yang Justin miliki juga memiliki unsur hip-hop dan R&B yang sangat kuat, dua aliran musik yang tentunya berasal dari black culture.

Bahkan di tahun 2016, Justin sempat mengganti gaya rambutnya menjadi gaya cornrows dan dreadlocks, gaya rambut khas yang dimiliki oleh masyarakat berkulit hitam.

 

(Huffpost)

 

Dengan lebih dari 138 juta pengikut, akun Instagram @justinbieber kini terus diwarnai dengan postingan yang menyuarakan tuntutan menghentikan rasisme kulit hitam. Pilihan Justin Bieber ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya rasisme terhadap masyarakat luas.

Semoga semakin banyak artis yang menggunakan popularitas mereka untuk kepentingan baik seperti ini deh, biar sedikit demi sedikit kita bisa hilangkan rasisme! (*)

Related Articles
Entertainment
Dukung Black Lives Matter, Alicia Keys Rilis ‘Perfect Way To Die’

Entertainment
Finneas Rilis ‘Can’t Wait To Be Dead’, Lagu untuk yang Frustasi sama Dunia

Entertainment
Justin Bieber Diserang Warganet setelah Promosikan Album Morgan Wallen