Tech

Trik Upload Foto ke Instagram Langsung dari PC

Delima Pangaribuan

Posted on June 9th 2020

(Windows Central)

Instagram sekarang sudah seperti barang wajib di dunia "permediasosialan". Kita kerap menggunakan Instagram buat update tentang kehidupan sehari-hari lewat Story, nyobain filter-filter lucu, atau upload foto-foto estetik. Disertai caption puitis dan edgy.

Selama ini, kita tahunya upload foto Instagram itu ya dari ponsel kita. Tapi ternyata sebetulnya kita bisa lho upload foto dari PC juga. Instagram sekarang pelan-pelan juga mengekspansi PC atau komputer, jadi nggak cuma bisa digunakan di HP aja. Sebelumnya, Instagram udah nyediain fitur direct message ke versi PC baru-baru ini.
 
Namun, untuk yang upload foto dari komputer langsung memang belum tersedia otomatis. Kita perlu utak-atik sedikit perangkat kita supaya bisa dipakai upload foto langsung dari komputer ke Instagram. Agak repot di awal, tapi kalau setupnya sudah terpasang, aktivitas upload foto via komputer ini bisa kita lakukan seterusnya.
 
Disclaimer awal: Ini cuma bisa buat foto ya, kawan-kawan. Kalau buat upload video, belum bisa.

 
Berikut langkah-langkah setup yang perlu kalian lakukan. Pertama, buka Instagram di browser (bisa Chrome, Firefox, Safari, atau Microsoft Edge). Setelah halaman Instagram terbuka, klik kanan di mana aja dan bakal muncul kotak dialog. Kemudian pilih Inspect (atau Inspect Element pada Firefox). Nanti bakal muncul semacam kotak random text di bagian bawah atau samping layar. 
 
Cari ikon berbentuk kotak di bagian kiri atas kotak random teks tersebut. Kalau di Chrome, bentuknya kayak iPhone dan iPad berdampingan. Namanya Toogle device bar.
 
Kalau di browser Firefox, letaknya di sebelah kanan atas. Kalau bingung, coba arahkan kursor ke ikon-ikon yang berjejer tersebut dan pilih yang tulisannya Responsive Design Mode.

 
Tampilan Instagram nanti bakal berubah seperti di HP, nggak melebar seperti versi browser yang mengikuti layar PC. Pas awal mungkin bakal nggak ada menu pilihan di bagian bawah layar Instagram seperti kalau di HP. Refresh halamannya, nanti pilihannya bakal muncul. Klik tanda (+) dan kita pun bisa upload foto.
 
Kalau udah terupload, tinggal tutup Inspect random box tadi. Fungsi posting Instagramnya bakal ilang, jadi kalau mau ngepost lagi harus ulangin cara dari awal. Tapi caranya lumayan simpel kok, nggak bikin repot. Mainmain juga nyobain dari Chrome dan ternyata bisa.
 
Cara upload dari browser Safari di Mac agak lebih panjang. Buat kalian yang pakai browser Safari, buka browser dan pilih menu "Safari", kemudian pilih Preference dan klik tab Advance. Nanti akan muncul label checkbox di bagian bawah "Show Develop menu in the menu bar". Klik sampai muncul tanda centang.
 
Lalu buka tab atau windows Safari baru dan buka Instagram.com. Tampilannya masih sama seperti browser, ya? Sekarang klik Develop di bagian menu bar atas. Kemudian berurutan pilih User Agent > Safari -- iOS XX -- iPhone (XX maksudnya seri iOS, munculnya nanti bakal sesuai seri iOS terkini).
 
Kemudian refresh tab atau windows Instagramnya. Setelah halamannya reload, kalian akan menemukan menu bagian bawah Instagram yang ada tanda plusnya (+). Klik tanda itu dan upload foto seperti yang biasa kalian lakukan di HP. Simpel kan? Selamat mencoba. (*)
Related Articles
Tech
Begini Cara Supaya Privasimu Aman Selama Pakai Browser Dunia Maya

Tech
Instagram Tambah Banyak Fitur, Salah Satunya Bisa Posting Feed Lewat Desktop

Tech
Catat! Microsoft Rilis Windows 11 Resmi Sebagai Free Upgrade 5 Oktober Nanti