Entertainment

Dukung Black Lives Matter, BTS dan Big Hit Dilaporkan Berdonasi Rp 13,8 M

Delima Pangaribuan

Posted on June 7th 2020

(MTV)

Nggak cuma kasih dukungan dalam bentuk kata-kata, BTS juga membuktikan mereka concern sama isu Black Lives Matter dengan kasih donasi. Seperti diberitakan Variety, BTS dan Big Hit Entertainment menyumbangkan USD 1 juta atau sekitar Rp 13,8 miliar untuk gerakan Black Lives Matter.

Perwakilan Big Hit mengkonfirmasi hal tersebut ke Variety. Donasi itu disampaikan awal pekan ini, artinya sekitar hari Senin-Selasa kemarin (1 atau 2 Juni). Variety memastikannya lewat receipt yang diterima dari Big Hit pada Jumat lalu (5/6).

Variety sendiri mengaku bahwa konfirmasi Big Hit ini cukup mengejutkan, soalnya sebelumnya Big Hit menyampaikan nggak akan kasih tahu berapa donasi para member BTS dalam gerakan Black Lives Matter. 

Sebelumnya, BTS menyampaikan secara terbuka dukungan mereka untuk gerakan Black Lives Matter lewat media sosial hari Kamis. Big Hit menyatakan kalau para member juga sepakat untuk donasi dan sementara nggak dipublikasikan ke media kapan serta berapa jumlahnya, dengan alasan mengikuti keinginan para member.
 

 
Managing Director Black Lives Matter Kailee Scales juga mengungkapkan rasa terkejutnya atas donasi BTS ini.
 
"Orang-orang kulit hitam mengalami trauma mendalam setelah tekanan yang dihadapi selama berabad-abad. Kami berterimakasih atas kemurahan hati BTS dan kawan-kawan lain di seluruh dunia yang berdiri atas nama solidaritas mendukung kehidupan orang kulit hitam," ungkap Kailee.
 
Sebelumnya, banyak figur publik yang juga memberikan donasi dalam rangka mendukung gerakan tersebut.

 
Pada Selasa (2/6) lalu, ribuan perusahaan termasuk industri hiburan di seluruh dunia juga berhenti beroperasi sementara dalam Black Out Tuesday untuk menghormati perjuangan masyarakat kulit hitam. Nggak terkecuali industri hiburan di Korea Selatan.
 
Sejumlah idol KPop yang tercatat sudah memberikan dukungan antara lain Mark GOT7, rapper pH-1, dan Jae DAY6. Ketiganya merupakan warga negara Amerika Serikat. BTS dan Big Hit sendiri dilaporkan sebagai agensi dan grup KPop pertama yang memberikan donasi serupa pasca insiden meninggalnya George Floyd 25 Mei lalu. (*)
 
Related Articles
Entertainment
Untuk Donasi: Avril Lavigne Muncul Dengan Remake Single "We Are Warrior"

Entertainment
Manfaatkan Jutaan Followersnya, Selena Gomez Dukung Gerakan Black Lives Matter

Entertainment
'Filter'-Jimin BTS jadi Lagu Solo K-Pop Terbanyak Didengarkan di YouTube Music!