Current Issues

Keren, Ilmuwan Ciptakan Drone Pemancar Sinar UV untuk Perangi Covid-19

Dwiwa

Posted on June 7th 2020

@UVDrone sedang mendisinfeksi ruangan di rumah sakit. (sumber: NUI Galway)

Semakin meluasnya penyebaran Covid-19 di berbagai belahan dunia membuat para ilmuwan terus berkolaborasi untuk menciptakan inovasi memerangi penyakit yang disebabkan virus SARS-Cov-2 ini. Terbaru, ilmuwan dari Irlandia menciptakan alat untuk mendisinfeksi area publik dari atas.

Dilansir dari Interesting Engineering, peralatan yang berbentuk drone ini akan dilengkapi dengan sinar UV sehingga  bisa digunakan untuk disinfeksi dan menurunkan penularan Covid-19 dan virus lainnya. Drone ini dikembangkan oleh peneliti di NUI Galway Health Innovation melalui laboratorium Engineering (HIVE).

Kendaraan udara tak berawak (UAV) ini disebut dengan @UVCDrone dan menggunakan sinar UV untuk mensterilkan permukaan. Tim yang sama juga sebelumnya telah sukses  mengembangkan drone yang dapat mengirim insulin penyelamat jiwa ke pedalaman pada tahun lalu.

Dipimpin Profesor dari NUI Galway Derek O’Keeffe dan dokter Ted Vaughan dan dokter Kevin Johnson dari University of Limerick, tim ini muncul dengan solusi yang dapat membantu mensterilkan lingkup publik yang lebih luas, termasuk  bangsal rumah sakit, restoran, kereta, pusat perbelanjaan, dan terminal bandara.

Tujuan dari pembuatan alat ini sebagai pertahanan tambahan melawan kemungkinan gelombang kedua dari Covid-19 saat aturan lockdown di berbagai negara mulai dilonggarkan.

“Covid-19 adalah keadaan darurat kesehatan masyarakat dan @UVCDrone adalah alat penting lain untuk membantu melawannya,” ujar Dokter Kevin Johnson dalam pres rilis dari NUI.

Sinar UV tidak tampak oleh mata manusia dan dibagi menjadi UVA, UVB, dan UVC. @UVDrone menggunakan UVC yang merupakan frekuensi tertinggi dengan radiasi panjang gelombang pendek. Ini dapat menghancurkan material genetik dari mikroorganisme, mencegahnya dari bereproduksi dan juga mensterilkan permukaan.

Sinar ini berbahaya untuk manusia, jadi @UVDrone dapat dengan mudah diprogram untuk bekerja mensterilkan permukaan di malam hari, atau di waktu khusus ketika area tersebut kosong.

Drone menggunakan algoritma untuk terbang secara otonom di sekitar ruang sembari memancarkan cahaya di atas permukaan sekitarnya. Setelah selesai, alat ini akan kembali untuk diisi ulang.

“Kita membutuhkan jalan keluar untuk melawan Covid-19 dan @UVDrone kami adalah solusi yang dapat melakukan sterilisasi dengan sinar UV di berbagai ruang publik mulai dari tangga hingga lantai toko,” ujar Profesor Derek O’Keeffe.

Dua hari sebelumnya, para peneliti di Penn State, University of Minnesota dan dua Universitas Jepang juga memperlihatkan peralatan ultraviolet genggam yang tengah mereka kembangkan dalam penelitian. (*)

Related Articles
Current Issues
Disinfeksi dengan Sinar UV Hanya Efektif untuk Benda, Bukan untuk Tubuh

Current Issues
Covid-19 Bikin Sekolah Tutup, Generasi Terancam Kehilangan Keterampilan

Current Issues
Gelombang Covid-19 Kedua Mungkin Lebih Berbahaya Untuk Kaum Muda