Lifestyle

Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Membantu Enyahkan Lemak Dari Perut Buncit

Dwiwa

Posted on June 6th 2020

Sudah berapa banyak lemak yang kalian tumpuk di dalam tubuh selama di rumah aja? Jika kalian mulai melihat perut membuncit atau lemak-lemak bergelantungan di lengan dan paha, ini berarti sudah saatnya kalian sedikit mengubah gaya hidup.

Sebab, terlalu banyak lemak perut atau yang juga disebut dengan lemak viseral dapat mengakibatkan kondisi serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2 bahkan demensia. Dilansir dari MSN, untuk bisa menyingkirkan lemak ini tidak sulit. Kalian cukup mengikuti 5 kebiasaan sederhana seperti yang dianjurkan oleh majalah BoxRox berikut.

1. Kurangi Karbohidrat

Hal penting yang harus dilakukan ketika merencanakan untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi konsumsi karbohidrat, khususnya gula dan pati. Kelebihan karbohidrat dari gula dan pati membuat lebih banya insulin diproduksi dan terlalu banyak insulin berbahaya untuk kesehatan.

Di sisi lain, level insulin yang rendah membuat lemak harus dibakar untuk menjadi sumber energi. Ini juga membuat ginjal bekerja dengan baik untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium dari dalam tubuh. Terlalu banyak natrium menyebabkan tubuh menggembung, yang membuat tubuh menyimpan air sebagai tambahan berat.

2. Makan sayur, protein, dan lemak sehat

Tidak semua sumber karbohidrat buruk untuk kesehatan. Karbohidrat tidak hanya ditemukan pada pasta, beras, roti atau sumber karbohidrat sederhana lain, tetapi juga pada sayuran. Sumber karbohidrat dari sayuran dapat menyediakan 20 hingga 50 gram dari rekomendasi kebutuhan harian.

Nutrisi ini dapat diperoleh dari sayuran seperti kembang kol, brokoli, kol, dan sayuran cruciferous lain, termasuk juga kentang manis. Selain itu, kalian juga harus mencukupi kebutuhan makronutrien lain yang penting untuk tubuh.

Protein diperlukan untuk membantu membangun massa otot dan banyak ditemukan dalam makanan hewani seperti ayam, daging sapi, telur dan ikan. Secara khusus, ikan mengandung banyak omega-3, salah satu antioksidan penting yang membantu kesehatan jantung.

Omega-3 serta lemak sehat lain juga bisa didapat dengan mengonsumsi minyak ikan, minyak zaitun dan alpukat. Dengan mengonsumsi banyak sayuran, protein dan lemak sehat akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Lemak sehat juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Olahraga

Meskipun menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa olahraga, tetapi kegiatan satu ini selalu direkomendasikan untuk mendapatkan hasil maksimal. Salah satu cara mempercepat penurunan berat badan adalah dengan melakukan pemanasan, peregangan dan mengangkat beban setidaknya tiga kali seminggu.

Ketika dilakukan dengan benar, angkat beban memungkinkan kalian membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan masa otot. Harus diingat bahwa metabolisme otot membutuhkan banyak kalori. Mungkin berat badan kalian tidak akan berkurang jauh, tetapi itu adalah massa otot. Sementara lemak telah berkurang karena diolah oleh tubuh menjadi sumber energi saat melatih otot. Jangan lupa untuk mengistirahatkan tubuh dengan benar setelah olahraga ya.

4. Minum banyak air putih

Tubuh membutuhkan hidrasi yang cukup untuk memastikan semua proses metabolisme berjalan dengan lancar. Air dapat membantu merasa lebih kenyang, membantu mengurangi keinginan untuk ngemil jajanan gurih atau manis dan bahkan menghidrasi sel dan kulit.

5. Tidur cukup

Nah, yang tidak kalah penting nih, kalian harus tidur cukup. Tidur selama 8-10 jam dapat membuat tubuh mempercepat perbaikan sel. Tidur nyenyak di malam hari sangat penting jika kalian merasa lelah setelah melakukan olahraga rutin.

Sebab, ini dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak akibat olahraga. Semua gerakan tubuh dapat menyebabkan kerusakan, jadi tidur membantu mempercepat penyembuhan, secara alami menghilangkan rasa sakit dalam prosesnya.

Jadi, sudah siap kembali mendapatkan tubuh ideal saat kembali ke sekolah atau kantor di era new normal?

Related Articles
Lifestyle
Lakukan Kebiasaan Makan Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Perut Buncit

Lifestyle
5 Makanan Ini Bantu Jaga Kulitmu Tetap Sehat

Lifestyle
Ingin Berumur Panjang? Aturan Diet Jepang Ini Bisa Dicoba