Tech

Awas, Salah Pasang Gambar di Wallpaper Bikin Ponselmu Rusak, Ini Kata Ahli...

Delima Pangaribuan

Posted on June 6th 2020


(Android Auhority)

Ada-ada aja masalah dunia pada 2020 ini. Setelah dunia nyata yang kebingungan menghadapi virus, dunia teknologi pun punya masalahnya sendiri. Beberapa hari yang lalu, ramai diberitakan ada wallpaper yang kalau kita pasang di handphone bisa bikin gadget Android kita itu rusak.

Mungkin sekilas kita berpikir, "Ah, cuma wallpaper." Tapi ternyata ini bukan hoaks karena memang ada sesuatu dengan wallpaper itu yang bisa mengganggu kerja sistem gadget kita. Perusahaan besar Android pun sampai turun tangan. 
 
Seperti diberitakan Android Authority, Google dan Samsung sekarang sedang mencari solusi untuk bisa mengatasi masalah yang timbul akibat bug dari wallpaper tersebut. Mereka sedang melakukan riset internal dan mungkin hasilnya bisa kita ketahui dalam waktu dekat.
 
Sebelumnya, banyak pengguna Android mengira bahwa wallpaper itu bisa menyebabkan handphone rusak karena konversi warnanya yang nggak biasa. Namun menurut Romain Guy dari Google, permasalahannya datang dari tingkat luminasi atau bersarnya energi cahaya yang dikeluarkan layar dari gambar tersebut.

 
Sementara ini penjelasan yang beredar adalah bahwa warna yang dihasilkan dari gambar tersebut termasuk dalam non-sRGB. Nah, Android dengan SystemUI sejauh ini hanya bisa mendeteksi gambar yang digunakan sebagai wallpaper kalau jenisnya sRBG. 
 
Di luar itu, Android akan kesulitan menemukan variabel gambarnya dan secara nggak langsung akan menyebabkan error dalam sistem. Menurut David Bianco, pengembang POSP custom ROM project, gambar itu sendiri terbilang nggak normal karena punya variabel pixel yang melebihi batas maksimal.
 
Kalau kita punya perangkat kemudian dimasukin sesuatu yang melebihi batas maksimal yang bisa ditampung, perangkatnya pasti bakal bermasalah. Ibarat kayak naik lift dengan kapasitas berlebih, bisa-bisa liftnya error dan harus ada petugas yang nanganin supaya lift bisa jalan lagi.

 
Masalah ini pun, menurut David, banyak terjadi di Android seri di bawah 10. Tapi kalau Android 11, aman lah. "Masalah ini nggak terjadi di Android 11 karena gambar akan selalu otomatis terkonversi ke sRGB sebelum diproses oleh perangkatnya," jelas David. 
 
Dia bahkan pernah mengujicoba sendiri dengan gambar non-sRGB buatannya dan dimasukkan ke Android 11. Nggak pernah ada masalah karena Siystem UI Android 11 langsung tanggap mengubahnya jadi gambar sRGB yang ramah gadget. 
 
Buat teman-teman yang pernah dapat gambar wallpaper tersebut, sebaiknya jangan gegabah dipasang, ya. Karena kalau sudah sekali dipasang dan bikin handphone rusak, bakal sulit buat memperbaiki handphone kita lagi. (*)
 
Related Articles
Tech
Google Rilis Versi Beta 3 Android 11

Tech
Makin Canggih, Google Bakal Tambah Fitur Pendeteksi Gempa untuk Android

Tech
Belum Kondusif, Google Undur Perilisan Android 11