Lifestyle

Bosan Minum Kopi yang "Itu-Itu" Aja? Coba Bikin Kopi Khas Sejumlah Negara Ini...

Dwiwa

Posted on June 6th 2020

(dokumentasi mainmain.id)

Tiga bulan di rumah aja udah mulai bosan dengan minuman kopi yang itu-itu aja? Mulai rindu dengan racikan kopi lezat para barista keren di kafe kesayangan? Jika jawabannya ya, mungkin ini saatnya kalian menjelma menjadi barista dan membuat kedai kopi sendiri di rumah.

Ada begitu banyak resep kopi yang bertebaran di internet. Mulai dari resep americano, caffe latte, cappuccino, hingga frappe bisa mudah didapatkan. Tetapi jika kalian ingin yang spesial, enam jenis minuman kopi ini wajib untuk dicoba. Mulai dari kopi Malaysia hingga Meksiko.

1. Cà phê đá, Vietnam

Minuman populer dari Vietnam tersebut juga dikenal sebagai kopi telur. Disebutkan jika ini dibuat pada tahun 1940-an pada saat perang Indocina Pertama akibat persediaan susu yang menipis. Sebagai gantinya, telur kocok dan gula digunakan untuk membuat minuman.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Kalian cukup mengocok kuning telur dan susu kental manis hingga konsistensinya kental seperti puding. Kemudian, tuangkan ke atas kopi hitam Vietnam yang kental dan nikmatilah dengan sendok.

 

2. Mazagran, Algeria

Jika kalian pecinta es kopi, minuman asal Algeria ini mungkin bisa dicoba. Asal mula es limun kopi ini bisa ditelusuri kembali ketika Perancis menginvasi Algeria pada 1800-an, ketika tentara Perancis ditempatkan di Mazagran, Aljir. Portugis kemudian membuat versi minuman mereka sendiri.

Untuk bisa membuatnya, kalian hanya perlu mencampurkan jus lemon segar ke dalam “seduhan” kopi hitam dengan air dingin bersama dengan gula untuk menambah rasa. Beberapa resep menyarankan untuk menambahkan sedikit soda, dan jika kalian suka bisa juga ditambah sedikit rum. Sajikanlah dengan es batu dan hiasi dengan irisan lemon.

 

3. Café de olla, Meksiko

Jika kalian ingin merasakan seduhan kopi dengan rasa rempah, minuman asal Meksiko ini bisa menjadi pilihan. Dalam tradisi Meksiko, resep minuman ini harus diseduh dalam pot tanah liat karena akan memberikan rasa khusus yang akan sangat sempurna dipadukan dengan kayu manis dan gula merah yang dicampurkan.

Tetapi jika tidak memilikinya, kalian bisa menggunakan panci biasa untuk membuatnya. Cara membuatnya cukup dengan memanaskan air yang telah dicampur dengan kayu manis dan gula merah di dalam panci. Ketika sudah mulai mendidih, tambahkan kopi hitam dan aduk. Biarkan campuran ini selama beberapa menit dan saring sebelum disajikan.

 

4. Dalgona, Korea Selatan

Resep minuman ini menjadi begitu terkenal setelah banyaknya video TikTok dan Instagram yang mengulas kreasi minuman kopi berbusa tersebut. Proses pembuatannya pun terbilang mudah dengan bahan yang juga gampang didapat.

Untuk bisa menikmati minuman populer ini, kalian cukup mengocok bubuk kopi instan, gula, dan air panas dalam jumlah yang sama hingga menjad krim. Setelah itu, tuangkan ke dalam cangkir susu dingin atau panas, dan dalgona siap untuk dinikmati.

 

5. Kopi Cham, Malaysia

Bagi para pecinta teh dan kopi, minuman asal Malaysia ini mungkin bisa memberikan solusi untuk menikmatinya dalam waktu bersamaan. Minuman yang dikenal dengan nama yuanyang di Hongkong ini juga sangat mudah membuatnya.

Kalian cukup mencampurkan kopi dan teh dengan porsi yang sama sebelum ditambahkan susu kental. Beberapa resep menyebutkan jika campuran terdiri dari sepertiga kopi dan dua pertiga teh, tetapi ini tergantung dari pilihan pribadi.

Cobalah resep ini di rumah dengan mencampurkan espresso, teh hitam, dengan susu dan gula atau susu kental manis dan rasakan kenikmatan yang dapat membawa kalian ke kopitiam Kuala Lumpur.

 

6. Pharisäer, Jerman

Rindu dengan daratan Eropa? Cobalah untuk membuat Pharisäer yang dapat membawa jiwa kalian terbang ke Jerman. Dikatakan jika ini berasal dari Frisia Utara pada tahun 1800-an, ketika petani membuatnya untuk menyembunyikan konsumsi minuman keras dari pastor lokal selama perayaan pembaptisan.

Secara tradisional, minuman ini dibuat dengan menambahkan rum ke dalam kopi hitam panas bersama dengan sedikit gula dan sesendok krim kocok di atasnya. Beberapa resep merekomendasikan 60 ml dark Jamaican rum. Minuman ini biasa disajikan didalam gelas atau cangkir.

Kira-kira, minuman mana nih yang bakal kalian coba di rumah? Jangan lupa bagikan pengalaman kalian yah kalau sudah berhasil mencobanya.(*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Bosan Dengan Dalgona? Lima Kreasi Kopi Instan Ini Bisa Jadi Pilihan Lain

Current Issues
Selain Bikin Lembab, Ini Manfaat Lain Kopi Buat Kulitmu 

Interest
Mengapa Ada Orang yang Suka Kopi Hitam dan Dark Chocolate Meski Pahit?