Tech

Suka Lupa Cuci Tangan? Mungkin Fitur dari Samsung Galaxy Watch Ini Bisa Membantu

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 5th 2020

 

Belakangan ini, mencuci tangan dengan sabun menjadi sebuah aktivitas wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Meski begitu, masih banyak orang yang mager dan malas mencuci tangan karena menganggap tangannya bersih atau malah suka lupa. 

Jika kamu salah satu orang seperti ini dan kamu menggunakan Samsung Galaxy Watch, maka kamu tidak perlu repot-repot minta bantuan orang terdekat untuk mengingatkanmu cuci tangan setiap saat.

Samsung baru saja merilis aplikasi Hand Wash untuk Galaxy Watch untuk mengingatkan pengguna gawai agar mencuci tangan secara rutin. Aplikasi ini akan mengingatkan penggunanya untuk cuci tangan lewat alarm yang berbunyi dalam interval waktu yang sama sepanjang hari.

Samsung mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan rekomendasi penelitian University College London yang mengatakan bahwa seseorang setidaknya perlu mencuci tangan enam hingga 10 kali dalam sehari, diluar cuci tangan sebelum dan sesudah makan atau ke toilet. 

Alarm akan berbunyi setiap dua jam sekali. Tapi ini tidak fixed. Intervalnya bisa dimodifikasi sesuai keperluan penggunanya.

Saat penggunanya mulai mencuci tangan, aplikasi ini juga akan melakukan penghitungan 25 detik. Lima detik diperuntukkan untuk mengambil sabun dan 20 detik lainnya untuk menggosok tangan dengan air.

Fitur waterproof pada Galaxy Watch pun akan mempermudah penggunanya untuk mencuci tangan.

Selain alarm dan penghitungan lama cuci tangan, Hand Wash app juga dilengkapi fitur pencatatan data, sehingga penggunanya dapat membaca dan mengevaluasi data cuci tangan secara harian atau mingguan.

Galaxy Watch bukan smartwatch pertama yang mengembangkan aplikasi serupa. sebelumnya pada  tahun 2014, Apple dengan Apple Watch-nya pernah mendesain aplikasi pengingat yang serupa.

Meski terdengar sepele, pemanfaatan teknologi gawai adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membangun kebiasaan baik pada diri masing-masing, ya kan? (*)

Related Articles
Tech
10 Hal Ini Bisa Bikin iPad atau iPhone Lawas Kamu Jadi Lebih Bermanfaat

Tech
Sistem Keamanan Apple "Kerjai" Penjarah di Apple Store

Tech
Inilah Tampilan GrayKey, Perangkat Pembobol Sistem Keamanan iPhone