Tech

Wow! Facebook dan PayPal Investasikan Dana ke Gojek

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 4th 2020

Gojek kembali dapat suntikan dana investasi. Setelah sebelumnya Google dan Tencent menyokong Gojek dalam lima tahun umur operasionalnya, kini giliran Facebook dan Paypal yang turut berinvestasi pada Gojek.

Investasi Facebook kepada Gojek menjadi yang pertama yang dilakukan perusahaan milik Mark Zuckerberg ini pada perusahaan asal Indonesia. Belum diketahui berapa pastinya nilai investasi dua perusahaan teknologi ini, tapi Gojek membeberkan bahwa Facebook dan Paypal berinvestasi kepada pembiayaan Seri F yang sedang berlangsung saat ini dan membuat nilai valuasi mereka saat ini naik menjadi lebih dari USD 3 miliar.

Facebook mengatakan bahwa investasinya di Gojek dapat membantu mengangkat bisnis-bisnis kecil yang ada di Indonesia, sembari mereka mengembangkan model bisnis sendiri untuk WhatsApp, perusahaan yang mereka akuisisi beberapa waktu silam. Hal tersebut diungkapkan Matt Idema, chief operating officer WhatsApp.

"Mayoritas bisnis kecil di Indonesia masih mengandalkan pembayaran berbasis tunai karena banyak masyarakatnya yang belum memiliki akun perbankan. Pembayaran digital jauh lebih aman dari tunai, baik bagi pengusaha maupun konsumen, dan pembayaran digital dapat membantu lebih banyak orang berpartisipasi dalam ekonomi dan memberikan akses kepada para pengusaha untuk melakukan pinjaman yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya," tulisnya pada sebuah blog post.

Indonesia memang merupakan pasar terbesar bagi Facebook di Asia. Ide Zuckerberg untuk mengembangkan sistem pembayaran digital yang berbasis mata uang virtual yang mereka namai "Libra" tentu ada hubungannya dengan rencana mereka mulai berinvestasi di Indonesia. Meng Liu, analis dari Forrester mengatakan hal tersebut.

"Sektor pembiayaan (di Indonesia) masih belum berkembang dan peluang untuk membentuk pasar baru di Asia Tenggara lewat Indonesia adalah peluang bernilai miliaran dolar. Bagi Gojek, mereka akan dapat menyertakan dompet digital Facebook pada platform mereka yang berkaitan dengan fitur perbelanjaan, transportasi dan lain sebagainya," ujarnya.

"Konsumen yang selama ini masih bergantung pada perbankan tradisional dan jaringan kartu memiliki peluang untuk memperoleh tawaran pembayaran digital yang ditawarkan oleh Facebook di masa mendatang."

Sementara itu PayPal mengatakan, kerjasama mereka dengan Gojek dapat mengembangkan skala bisnis secara signifikan, terutama di Asia Tenggara.

"Hubungan kerjasama yang baru ini adalah langkah positif kami dalam menjadi partner permbayaran yang mendunia, serta dapat membantu mentenagai perdagangan global denganca ra menghubungkan marketplace dan jaringan pembayaran terbesar di dunia," ujar PayPal pada sebuah pernyataan.

Gojek yang pada Maret lalu mengumumkan pertumbuhan nilai perusahaan mereka sebesar USD 1,2 miliar menyatakan bahwa mereka kini memiliki 170 juta konsumen di wilayah Asia Tenggara. Gojek adalah kompetitor dari Grav, perusahaan transportasi online asal Singapura yang memiliki sangat banyak investor di belakangnya.

"Kami memiliki peluang untuk mencapai sesuatu yang sangat unik dengan menolong lebih banyak bisnis untuk beralih ke moda pembayaran digital, serta meyakinkan jutaan konsumen lainnya untuk menikmati manfaat dari ekonomi digital," ujar Andre Soelistyo, co-chief executive Gojek tahun lalu.(*)

Related Articles
Tech
Hadapi Masa Maturasi, Gojek Rekrut Severan Rault

Tech
BukuWarung, Aplikasi Startup Pembukuan untuk Warung Rumahan di Indonesia

Current Issues
Facebook Pay Bakal Masuk Indonesia, Ini Kelebihannya