Interest

Ada "Dinosaurus" Numpang di Penerbangan Luar Angkasa NASA x SpaceX

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 1st 2020

Sabtu lalu menjadi momen bersejarah, baik bagi Amerika Serikat maupun dunia keantariksaan. NASA dan SpaceX telah sukses meluncurkan dua astronot dengan menggunakan Crew Dragon, pesawat kapsul yang sebelumnya digunakan oleh SpaceX untuk menerbangkan logistik ke Internasional Space Station (ISS) di orbit bumi.

Misi penerbangan manusia ke luar angkasa tersebut merupakan yang pertama yang dilakukan secara mandiri oleh Amerika Serikat dalam hampir 10 tahun terakhir. Dua astronot senior NASA, yaitu Bob Behnken dan Douglas Hurley turut serta dalam misi tersebut.

Meski demikian, warganet yang memang seperti selalu kurang kerjaan baru-baru ini menemukan "penumpang" lain dalam penerbangan tersebut. Siapa dia? Yaitu seekor "dinosaurus" berkelap-kelip yang melayang di kabin Crew Dragon setelah pesawat tersebut lepas dari gravitasi bumi.

Boneka dinosaurus yang berkelap-kelip itu ternyata merupakan bagian dari tradisi penerbangan antariksa selama ini. Para astronot meletakkan boneka tersebut di dalam kabin, dan jika boneka tersebut tampak melayang-layang di kabin pada layar monitor pengawas di bumi, maka itu menandakan bahwa pesawat telah lepas dari tarikan gravitasi bumi.

Boneka yang diikutsertakan dalam misi ini seringkali disebut "zero-gravity indicators". Walau begitu, sepertinya dinosaurus kelap-kelip ini adalah mainan pertama dari jenisnya yang berhasil terbang ke luar angkasa.

Boneka dinosaurus itu tampak melayang di kabin Crew Dragon 10 menit setelah pesawat itu diluncurkan roket Falcon 9 dari Florida Space Station. Astronot Behnken mendorongnya menjauh saat boneka ini terbang ke arahnya.

"Tampaknya kita sedang melihat indikator zero-G yang kini beterbangan di sana (kabin pesawat)," tukas komentator NASA saat siaran langsung peluncuran Crew Dragon. "Kurasa Bob dan Doug perlu memberi sedikit penjelasan kepada kita tentang benda apa yang mereka bawa itu."

Hingga kini belum ada yang tahu siapa yang membawa dinosaurus itu, kenapa mereka memilihnya dan apakah dinosaurus tersebut memiliki nama. Boneka dinosaurus tersebut pertama kali muncul pada siaran langsung uji coba peluncuran pertama pada hari Rabu (27/05) lalu yang gagal karena masalah cuaca.

Mika McKinnon, seorang pakar geofisika menduga lewat Twitter bahwa boneka tersebut merupakan produk Flippable Tremor Dinosaur keluaran TY yang kini tidak lagi diproduksi. Saat Crew Dragon sebelumnya masih digunakan sebagai pengangkut logistik ke ISS, pesawat tersebut dilengkapi dengan boneka lain yang diberi nama "Buddy". Setelah Crew Dragon kembali ke bumi, boneka tersebut pun dijual di toko.(*)

Related Articles
Tech
SpaceX dan NASA Akhirnya Berhasil Luncurkan Crew Dragon ke Luar Angkasa

Tech
Momen Bersejarah Dekade Ini, NASA dan SpaceX Kirim Dua Astronot ke Luar Angkasa

Current Issues
Setelah 10 Tahun, NASA dan SpaceX Kembali Terbangkan Manusia ke Luar Angkasa