Tech

Belum Kondusif, Google Undur Perilisan Android 11

Delima Pangaribuan

Posted on May 31st 2020

(Android Central)

 
Para pecinta gawai mungkin udah nggak sabar menunggu Android versi terbaru yang bakal diluncurkan. Yup, sebentar lagi ada Android versi paling mutakhir yakni Android 11. Sayangnya, penantian tersebut harus diperpanjang. Mengutip Android Authority, perilisan Android 11 diundur,
 
Google sebelumnya mengumumkan kalau bakal mempublikasikan detail Android 11 dan Pixel 4a dalam satu event yang sama. Rencana awal bulan Mei, namun karena kondisi yang nggak memungkinkan akibat pandemi, jadwalnya diundur jadi tanggal 3 Juni.
 

Jadwal 3 Juni ini pun kemudian harus ditunda lagi oleh Google. Melalui akun resmi media sosial Android Developers di Twitter, mereka mengumumkan penundaan event online dan rilis Android 11 versi beta untuk kedua kalinya. Katanya sih karena alasan kondisi masih belum kondusif itu tadi.
 
"Kami sangat ingin membagikan lebih banyak tentang Android 11, tapi sekarang bukan waktunya untuk merayakan sesuatu. Kami menunda event dan rilis beta tanggal 3 Juni. Kami akan kembali dengan informasi tentang Android 11 sesegera mungkin," cuit Google.
 
Google sih nggak memberi tahu sampai kapan penundaannya, atau kapan tanggal selanjutnya event dan rilis beta tersebut akan diadakan. Namun menurut pengamat teknologi Jon Prosser, dia dapat info kalau peluncuran Pixel 4a dijadwalkan tanggal 13 Juli. Kemungkinan Android 11 juga akan diluncurkan di hari yang sama.

 
Sebelumnya Google sudah kasih bocoran sedikit tentang keunggulan-keunggulan dalam Android 11. Salah satunya adalah kemampuan rekam layar atau screen recorder langsung dengan aplikasi bawaan di dalam Android. Jadi kita nggak perlu lagi instal aplikasi tambahan. Juga kemampuan untuk mengontrol notifikasi agar tidak menganggu selama kita pakai handphone. (*)
Related Articles
Tech
Catat! 5 Fitur Baru Android 11 yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Dirilis

Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Tech
Google Rilis Versi Beta 3 Android 11