Entertainment

Lagu 'Switchblade' Kisahkan Perjalanan Karir Internasional NIKI

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 30th 2020

 

Setelah merilis single terbarunya yang berjudul Switchblade, NIKI membeberkan makna di balik lagu tersebut. Single pertama di album Moonchild ini ternyata mengangkat cerita hidup NIKI ketika mengawali kariernya di kancah internasional lho!

Penyanyi naungan label 88Rising ini berkata kalau Switchblade sendiri melambangkan jiwa yang teguh dan tidak takut menghadapi petualangan baru. Petualangan baru ini dihadapi NIKI ketika pertama kali pindah dari Jakarta ke Amerika Serikat untuk mengembangkan karier bermusiknya.

Ketika itu usianya masih sangat muda lho, 18 tahun! Bayangkan keberanian seseorang yang semuda itu bisa berani hidup sendiri di negeri orang. Bahkan hingga kini usianya 21 tahun ia masih terbukti mampu hidup di sana lho.

Hidup di luar negeri bukan hal yang mudah. NIKI sempat merasakan krisis identitas dalam dirinya. Keluarganya selalu berbincang dengan Bahasa Indonesia, namun setiap harinya ia dan teman-temannya menggunakan Bahasa Inggris.

Tetapi ia memilih untuk menghargai segala apa yang ia miliki dan rasakan agar bisa bangga dengan dirinya. Apa lagi bulan Mei menjadi Asian Heritage Month, bulan apresiasi untuk para Asians Americans. Ia bangga bisa menjadi warga Asia walaupun cukup lama berada di Amerika.

Switchblade menjadi single pertama dari album Moonchild juga punya kaitan dengan cerita perpindahan NIKI lho. Di video musiknya, NIKI seakan-akan baru lahir dan menapaki dunia yang baru.

Nah, dunia baru ini adalah karier musik NIKI di Amerika Serikat. Jadi Switchblade menjadi lagu pertama atau phase one dalam hidup Moonchild yang merupakan NIKI sendiri. Masih phase one nih. Pastinya akan ada phase selanjutnya yang menunjukkan kalau karier musik hanya awalan dalam petualangan hidup seorang NIKI. 

 

Artis yang memiliki nama asli Nicole Zefanya ini juga menjelaskan alasan di balik video musik Switchblade yang bernuansa dunia fantasi. “Aku suka banget sama dunia fairytale. Bukan sekadar suka, aku tumbuh dari sana,” jelasnya.

NIKI merasa video musik yang bernuansa dunia fantasi ini bisa tetap bisa relate dengan pengalaman banyak orang. Dunia fantasi yang benar-benar asing ini bermakna bahwa di pertambahan umur kita pasti akan merasakan tempat atau petualangan yang benar-benar baru. Tempat yang bukan comfort zone kita.

Pembuatan video musik Switchblade ini memakan waktu selama dua hari. Di hari pertama produksi video ini fokus pada adegan-adegan yang membutuhkan green screen. Lalu di hari kedua baru berfokus pada adegan dengan suasana hutan yang membutuhkan tempat di luar ruangan.

Hari kedua ini nih yang paling sulit menurut NIKI. “Bibirku sempat terasa membeku padahal aku butuh melakukan lipsync! Itu parah banget sih,” katanya.


NIKI sendiri membebaskan para pendengarnya untuk mengartikan video musiknya. Nggak melulu harus berpatokan dengan penjelasan makna darinya. Penyanyi satu ini menjelaskan kalau ia sendiri bebas dan tidak membatasi dirinya sendiri dalam pembuatan karyanya, sehingga kita juga bebas memaknainya sesuai apa yang kita rasakan! (*)

 
Related Articles
Entertainment
Intip Kerennya MV Terbaru NIKI 'Switchblade', Berasa di Dunia Fantasi

Entertainment
Bosan Selama Self-Quarantine, Rich Brian Rilis Single “Tokyo Drift Freestyle”

Entertainment
Mulai Dari Rich Brian Hingga Kang Daniel Akan Ramaikan Konser Online 88Rising!