Lifestyle

Wajah Berminyak, Sulit Ngatasinya? Cobain 3 Tips Berikut Ini

Dwiwa

Posted on May 29th 2020

Apakah kalian salah satu yang sedang bingung mencari cara untuk mengatasi kulit wajah berminyak? Jika ya, maka artikel ini mungkin akan sangat berguna. Kulit berminyak ini biasanya terjadi karena kelenjar kulit menghasilkan terlalu banyak sebum, bahan berminyak yang menghidrasi dan melindungi kulit.

Keberadaan sebum yang berlebih ini dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan menimbulkan efek mengkilap yang tidak diinginkan pada wajah. Selain itu, orang-orang yang memiliki wajah berminyak juga cenderung lebih mudah berjerawat.

Kondisi ini biasanya membuat orang, khususnya kaum hawa, merasa stres dan mencoba berbagai cara untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah empat cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak seperti dilansir dari Business Insider.

1. Cuci muka

Mencuci muka menjadi penting karena dapat membersihkan kotoran atau minyak yang menumpuk di pori-pori. Jika kotoran atau minyak ini dibiarkan menumpuk di kulit, maka jerawat akan dengan senang hati bermunculan.

Para ahli menyarankan untuk mencuci muka dua kali sehari, saat pagi dan sebelum tidur. American Academy of Dermatology (AAD) juga merekomendasikan mencuci muka setelah berolahraga.

“Bahkan ketika kalian mencuci muka pada malam hari dan membersihkan make-up, wajah tetap harus dicuci pagi harinya,” ujar Debra Jaliman, dokter kulit bersertifikat di Kota New York. Hal ini dikarenakan pada malam hari, ketika tidur, bakteri dan minyak yang tidak diinginkan dapat menumpuk di kulit.

Biasanya, orang-orang yang memiliki wajah berminyak tergoda untuk menggunakan pembersih wajah terlalu kuat, padahal saat menggunakan produk yang terlalu banyak mengangkat sebum justru akan memicu kulit untuk lebih banyak menghasilkan minyak. AAD merekomendasikan untuk menghindari semua pembersih kulit yang mengandung alkohol.

Sebagai gantinya, kalian harus menggunakan produk dengan label “lembut” dan berbusa seperti Cetaphil. Pembersis berbusa bekerja lebih baik karena dapat masuk lebih dalam ke pori-pori untuk menghilangkan minyak dibanding produk krim.

2. Gunakan pelembab

Ketika memiliki kulit berminyak, mungkin kalian tidak berpikir untuk menggunakan pelembab. Tetapi selalu penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. “Tidak menggunakan pelembab dapat menjadi bumerang bagi mereka yang memiliki kulit berminyak,” kata Jaliman.

Ketika kalian memilih untuk tidak menggunakan pelembab, kulit akan mencoba mengompensasi kelembaban yang hilang dan memproduksi minyak lebih banyak. Karena itu, melembabkan kulit setiap hari dengan produk yang tepat akan membantu menjaga kulit berminyak dalam keseimbangan.

Pilihlah produk yang non-komedogenik, artinya tidak menggunakan minyak, lilin, atau petrolatum yang dapat membuat kulit berminyak menjadi lebih buruk.

3. Makan dengan pola seimbang

Kulit sehat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk jenis makanan yang kalian makan. “Memiliki pola makan yang buruk, terlalu banyak makan manis dan minuman gula dapat memperburuk kulit berminyak,” jelas Jaliman.

Makan makanan manis juga meningkatkan kadar gula darah yang menyebabkan tubuh melepaskan hormon insulin. Efek sampingnya adalah peningkatan produksi minyak pada kulit. Agar pola makan lebih ramah kulit, ahli menyarankan untuk mengganti roti putih dengan gandum dan menghindari makanan olahan seperti sereal kotak dan kue.

Penelitian juga menunjukkan jika mengonsumsi susu dapat meningkatkan peluang terkena jerawat. Para peneliti berpendapat jika ini dikarenakan susu secara alami mengandung hormon pertumbuhan yang mirip dengan insulin.

Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa menghindari susu skim mungkin menjadi langkah yang membantu untuk mendapatkan kulit sehat. Hal ini disebabkan susu skim mengandung kadar jormon pertumbuhan yang lebih tinggi dibanding produk susu berlemak lainnya.

 

Nah, itu tadi tiga tips yang bisa kalian lakukan di rumah untuk membantu mengatasi kulit berminyak. Tetapi harus diingat, para ahli mengatakan jika setiap kulit sangat berbeda, tidak ada solusi universal untuk  kulit berminyak.

Untuk membantu mengendalikannya, kalian harus memahami penyebab yang mendasari. Beberapa percobaan dengan metode yang berbeda mungkin diperlukan untuk menemukan langkah yang tepat. Namun jika merasa kesulitan, kalian bisa berkunjung ke dokter kulit dan membuat rencana mandiri yang dapat bekerja. Selamat mencoba ya.(*)

Related Articles
Lifestyle
Di Rumah Aja Tapi Kondisi Kulit Wajah Memburuk? Ini Penyebab dan Solusinya!

Interest
Selena Gomez Luncurkan Rare Beauty, Brand Kecantikan yang Mengajarkan Self-Love

Interest
Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!