Current Issues

New Normal di Taman Hiburan. Ini Setumpuk Aturan yang Harus Dipatuhi!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 29th 2020

Seperti apa sih kondisi di taman hiburan yang beroperasi kembali selama pandemi? Mungkin Jepang bisa menjadi objek observasi yang menarik.

Setelah melewati fase kritisnya, Jepang kini perlahan-lahan mulai memperlonggar peraturan pembatasan sosial dalam mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu langkahnya termasuk membuka kembali taman-taman hiburan.

Meski demikian, pembukaan kembali taman hiburan di Jepang dilakukan melalui protokol kesehatan yang ketat. Beberapa pengelola taman hiburan bahkan membuat panduan bersama tentang cara berkunjung ke taman hiburan selama pandemi.

Salah satu syarat yang mutlak, tentu saja penggunaan masker selama berada di taman hiburan. Uniknya, penggunaan masker ini bukan hanya untuk mencegah penyebaran droplet, tetapi juga untuk mencegah para pengunjung untuk bersorak atau berteriak saat mengunjungi beberapa jenis taman hiburan tertentu, seperti roller coaster.

Selain itu, wahana yang melibatkan banyak orang seperti rumah hantu juga memberlakukan peraturan unik. Hantu yang berkeliaran di rumah hantu dilarang untuk berada terlalu dekat dengan pengunjung, sebagaimana disebutkan di dalam panduannya.

Peratuan yang sama juga berlaku untuk maskot dan para petugas taman hiburan yang mengenakan kostum. Selain disuruh menjaga jarak, mereka juga dilarang melakukan kontak fisik dengan pengunjung, seperti bersalaman dan berpelukan.

Sementara itu, wahana yang melibatkan teknologi augmented-reality tidak diperbolehkan beroperasi untuk sementara waktu, kecuali jika peralatan pelengkap seperti kacamata khususnya dapat disterilkan dari bakteri dan virus setiap selesai digunakan oleh pengunjung.

Panduan yang dibuat oleh para pengelola taman hiburan tersebut tentu saja tidak dapat menghilangkan angka infeksi sama sekali, tetapi tetap saja, itu adalah usaha terbaik Jepang dalam melindungi masyarakatnya dari Covid-19.

Tidak semua taman hiburan di Jepang dibuka semasa pandemi. Taman hiburan yang terkenal seperti Tokyo Disneyland dan Universal Studio di Osaka masih tetap ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Jepang perlahan-lahan telah mulai beraktivitas kembali seperti sebelum pandemi, menyusul pernyataan PM Jepang, Shinzo Abe pada Senin (25/05) lalu yang menyatakan bahwa status darurat Jepang telah ditarik karena angka infeksi Covid-19 sudah berkurang dan menuju ke angka yang aman. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Terowongan Disinfeksi, Solusi Aman Berkumpul di Tempat Publik Selama Pandemi

Current Issues
Dokter Italia Bilang Coronavirus Melemah, Benarkah?

Current Issues
Amankah Menggunakan Toilet Umum Selama Pandemi? Ini yang Harus Kalian Lakukan