Tech

Akhirnya! Kreator Konten Bakal Terima Penghasilan dari Ads IGTV

Delima Pangaribuan

Posted on May 28th 2020

Influencer Marketing Hub


Instagram populer dengan berbagai filter story-nya dan tampilan interface yang estetik untuk foto. Tapi untuk urusan kreator konten digital, Instagram masih kurang dibandingkan aplikasi lain seperti YouTube.

Sepertinya,  kekurangan itu agaknya bakal bisa diatasi. Karena dalam waktu dekat, kreator konten bisa upload konten berbayar di IGTV. 

Melansir portal Later, mulai pekan depan Instagram akan menampilkan ads di IGTV. Di sana, para kreator juga bisa mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan di sela-sela video mereka. Jadi semacam YouTube begitu. 
 
IGTV sendiri sudah diluncurkan sejak 2018 lalu. Tapi Instagram nggak memberlakukan adanya iklan. Faktor ini membuat banyak kreator akhirnya kurang tertarik untuk bikin konten di Instagram. Berbeda dengan YouTube di mana mereka bisa memperoleh pendapatan dari konten yang diunggah. 

 
Berdasarkan keterangan pihak Instagram yang dikutip Later, video ads nanti bakal muncul jika user mengklik video IGTV dari preview di feed mereka. Ads bakal berbentuk vertikal khas video Instagram dan rata-rata akan berlangsung selama 15 detik. 
 
Iklan IGTV ini bakal dimulai dari Amerika Serikat dulu, baru secara bertahap diberlakukan di seluruh dunia. Beberapa perusahaan besar sudah bekerja sama untuk jadi ads di IGTV dan bakal mulai muncul minggu depan. Antara lain IKEA, Puma, dan Sephora.
 

Sejumlah kreator konten Instagram seperti Avani Gregg dan Salice Rose akan jadi yang pertama melakukan uji coba IGTV ads ini. Dan mirip seperti YouTube, Instagram juga tengah menyempurnakan berbagai fitur dan tampilan IGTV ads ini. Salah satunya adalah kemampuan buat skip ads.
 
Untuk uang yang bakal dikantongi kreator konten, Instagram bakal memberlakukan standar yang kurang lebih sama dengan YouTube. Sejauh ini yang kita tahu, kreator YouTube bisa mendapat uang antara USD 3 (sekitar Rp 52 ribu) sampai USD 10 (Rp 140 ribu) per 1000 views untuk satu video mereka.
 
COO Instagram Justin Osofsky menyebutkan bahwa kreator konten akan mendapatkan 55 persen share dari setiap IGTV ads. "Kreator sudah berupaya sebaik mungkin untuk membuat konten, dan sangat penting bagi mereka untuk bisa menghasilkan uang dari konten itu untuk mendukung mereka terus berkarya ke depannya,"  jelas Justin. (*)
 
 
 
 
Related Articles
Tech
Instagram Live Kini Bisa Langsung Disimpan ke IGTV

Entertainment
UPDATE: Instagram Desain Ulang Tampilan IGTV

Current Issues
IGTV, Aplikasi Saingan Baru Youtube!