Tech

Facebook Luncurkan CatchUp, Aplikasi Khusus Untuk Telepon

Delima Pangaribuan

Posted on May 27th 2020

(Tech Crunch)

Sebelum ada internet dulu, telepon adalah salah satu alat komunikasi yang paling canggih. Fungsi itu juga kemudian dikembangkan menjadi handphone yang kita kenal sekarang.

Tapi berapa banyak dari kita pengguna smartphone zaman sekarang yang masih menggunakannya untuk telepon? Mungkin cuma segelintir. Handphone sudah nggak lagi digunakan buat menelepon. Kita lebih banyak pakai handphone untuk bermain media sosial, chatting, nonton, atau main game.

Meski begitu, fungsi telepon lantas nggak hilang begitu saja dari perangkat kita ini. Malah pengembang aplikasi berlomba-lomba tetap menghadirkan fungsi telepon dengan berbagai perubahan. Salah satunya video call.
 
Aplikasi video call emang lagi jadi primadona saat masa-masa pandemi sekarang, di mana orang-orang nggak bisa leluasa bertemu dan berkumpul. Tapi tim research and development Facebook ini, NPE Team, malah mengembangkan aplikasi telepon yang bener-bener buat telepon suara aja. Nggak ada videonya. Namanya CatchUp.

 
Melansir Tech Crunch, CatchUp diluncurkan hari ini (27/5) di Amerika Serikat dan segera bisa dipakai juga di seluruh dunia. Mereka bilang aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pengguna menelepon teman atau keluarganya. Dari aplikasi ini bisa kelihatan siapa yang sedang bisa ditelepon dan siapa yang nggak.
 
Alasan orang jarang menggunakan telepon menurut NPE Team adalah karena orang-orang nggak tahu apakah teman atau keluarga yang dituju sedang bisa ditelepon atau sedang sibuk. Kalau sedang sibuk kan, khawatirnya jadi malah mengganggu kalau kita telepon.
 
Kita bisa lihat siapa yang "on" alias bisa ditelepon di bagian atas aplikasi ini, di baris "ready to talk". Sementara mereka yang lagi "off" bakal ditampilkan di bagian bawahnya.

 
Telepon dengan CatchUp ini juga bisa digunain buat banyak orang. Jadi sekali telepon, kita nggak cuma bisa ngomong sama satu orang aja. Satu keluarga pun bisa. Maksimal 8 orang.
 
Facebook bilang kalau mereka sengaja mengembangkan aplikasi ini menyusul kondisi pandemi. Meskipun sudah banyak aplikasi komunikasi lain yang (mungkin) lebih canggih karena ada videonya, CatchUp diklaim punya keunggulan tersendiri.
 
Aplikasi ini akan langsung tersinkronisasi dengan kontak yang ada di handphone kita.
 
Tampilan interface-nya juga dibuat lebih sederhana, jadi bisa digunakan user berbagai usia termasuk kakek dan nenek kita. Ketika mau memakai aplikasi ini pun, kita nggak harus punya akun Facebook atau akun medsos yang terhubung sama Facebook, seperti Instagram dan WhatsApp. 
 
Meskipun bisa dibuat telepon grup, CatchUp juga mengutamakan privasi pengguna. Kita bisa memilih siapa saja yang bisa mengajak kita telepon 1-on-1, atau siapa yang bisa ikut dalam telepon grup. Tertarik buat pakai? (*)
Related Articles
Tech
Salip Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh Sepanjang 2020

Tech
WhatsApp Punya Beberapa Fitur Baru, Ada yang Bisa Buat Kirim Pesan Rahasia

Tech
Gara-gara Facebook Down, Telegram Dapat 70 Juta Pengguna Baru Lho!