Lifestyle

Pesan Menjaga Alam Semesta dari Vans x National Geographic

Tora Nodisa

Posted on May 27th 2020

Vans sengaja meminta National Geographic untuk membuat sneakers rasa baru. Kali ini yang muncul adalah koleksi unik bertema Alam dan Satwa. Siluet sneakers-nya juga ikonik Vans, yaitu Slip-On, Era, Authentic, Old Skool, dan Sk8-Hi.

National Geographic merupakan acara yang terkenal dengan eksplorasi dan dokumentasi petualangan, sains, fotografi, sejarah, lingkungan, luar angkasa, alam dan satwa. Semuanya berbau pengetahuan dan pendidikan tentang alam semesta.

Kali ini Vans benar-benar menyentuh hati penggemar National Geographic dengan produk barunya. Selain siluet ikonik, foto-foto pilihan yang ditampilkan di sneakers juga sangat menarik. Vans dan National Geographic membawa pemakainya benar-benar kembali ke alam.

Siluet ikonik pertama yang dipakai adalah Slip-On. Sneakers ini berwarna dasar hitam dan bagian bawahnya kombinasi hitam-putih. Ada list kuning di bagian sol, lengkap dengan logo National Geographic di bagian tumit. Untuk Slip-On ini gambar yang ditampilkan adalah Greenland Pine Island Glacier.

PIG (Pine Island Glacier) merukapan aliran es besar, dan gletser yang paling cepat mencair di Antartika. Pemanasan global membuat es di Antartika mencari sekitar 25 persen. Melalui sneakers ini, Vans dan National Geographic ingin berpesan agar menjaga kondisi bumi agar tidak terjadi pemanasan global. Karena di bagian sol tertulis "Greenland Pine Island Glacier THEN".

Sneakers kedua menggunakan model Era. Kali ini bernuansa bawah air. Kondisi bawah air ini digambarkan dengan warna biru, lengkap dengan segerombolan ikan berenang mengikuti kontur sepatu Vans tersebut.

Sneakers ini memang cocok untuk pecinta laut dan samudra. Tergambar suasana dingin dan tenang. Ditambah lagi pesan untuk tetap menjaga kekayaan laut di bumi tercinta. Foto yang dipasang di sneakers ini memang foto asli. National Geographic juga mencantumkan koordinat bumi tempat foto itu diambil. Tertulis jelas di bagian sol.

Untuk Authentic, tampilannya lebih sederhana namun lebih ikonik. Seluruh bagian sneakers dihiasi cover majalah National Geographic dengan dibatasi garis kuning. Cover majalah yang ditampilkan sengaja dipilih yang terbaik dari National Geographic.

Kesan sederhana timbul dari sol berwarna putih, dan tali berwarna putih juga. Sedangkan list kuning di bagian sol tetap ada, untuk menegaskan proyek kolaborasi tersebut.

Sneakers berikutnya yaitu Old Skool. Untuk warna kanvas yang digunakan hitam pekat, sedangkan di bagian sol berwarna kuning, khas National Geographic. Logonya juga terpampang di bagian tumit. Di sneakers ini, Vans ingin menonjolkan keberagaman satwa.

Ada foto satwa yang dipasang yaitu Mexican Grey Wolf dan Red-Eyed Tree Frog. Kedua nama satwa ditulis di bagian sol belakang.

Serigala Meksiko (Canis lupus baileyi), juga dikenal dengan nama "Lobo" adalah sub-spesies serigala abu-abu asli Amerika Utara. Serigala ini telah punah di alam liar selama pertengahan 1900-an karena diburu, dijebak, dan diracun. Setelah terdaftar di bawah Endangered Species Act pada tahun 1976, Amerika Serikat dan Meksiko berkolaborasi untuk menangkap semua lobo yang tersisa di alam liar untuk penangkaran.

Sementara itu, Agalychnis callidryas atau yang dikenal sebagai katak pohon bermata merah adalah satwa asli hutan hujan Neotropis. Mereka hidup di Meksiko, Amerika Tengah, hingga Kolombia. Ukurannya kecil sehingga sulit ditemukan. Spesies ini terancam punah karena penggundulan hutan. Selain itu, karena warnanya yang cantik, katak pohon diburu manusia untuk hewan peliharaan.

Dua spesies ini menjadi fokus kampanye Vans dan National Geographic. Mereka berharap manusia bisa menjaga kedua satwa tersebut dari kepunahan.

Sneakers kelima dari kolaborasi Vans x National Geographic mengambil model Sk8-Hi. Warna kanvas hitam, sol putih, tali putih, dan list kuning di sol. Sangat sederhana, namun terlihat ikonik. Sebagai identitas, logo National Geographic tercetak besar di bagian tumit dengan teknik bordir, karena ingin kesan timbul semakin terasa.

Semua sneakers Vans x National Geographic ini akan dilepas ke pasaran pada 1 Juni 2020 mendatang. Harganya di kisaran 1,2 juta hingga 1,5 juta rupiah. Tentu harga ini bisa naik di pasar kedua. (*)

Foto: sneakernews

Related Articles
Lifestyle
Vans Japan x TOGA, Sneaker Bertabur Aksesoris Metal

Lifestyle
Rilisan Kedua Fergadelic x Vans Vault, Terinspirasi dari Masa Kecil Desainernya

Interest
Mirip dengan Vans Old Skool, Ventela Retro Tuai Kritik Pedas