Current Issues

Ini New Normal Ketika Sekolah Harus Aktif Lagi Versi CDC Amerika Serikat

Dwiwa

Posted on May 23rd 2020

Berbagai negara yang telah berhasil mengatasi pandemi Covid-19 mulai perlahan-lahan kembali mengizinkan sekolah untuk dibuka. Di Amerika Serikat, saat ini kondisinya sama seperti di Indonesia. Para orang tua dan siswa sedang cemas menanti kebijakan dibukanya lagi sekolah.

Kecemasan itu tentu bukan berarti malas sekolah ya. Tapi khawatir bagaimana keamanan dan perlindungan dari virus ketika kegiatan sekolah digelar kembali.

Sejauh ini kalau di Indonesia belum ada panduan bagi sekolah atau siswa jika dalam waktu dekat kegiatan belajar dan mengajar aktif kembali. Namun, di Amerika Serikat hal itu sudah ada. Dikeluarkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Lembaga itu merupakan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat.

Berikut beberapa pedoman yang direkomendasikan CDC agar kegiatan belajar dan mengajar di sekolah aman. Pedoman ini juga mungkin bakal jadi New Normal atau Normal Baru bagi para siswa dan guru. 

1. Siswa harus sering mencuci tangan dan menggunakan masker.

2. Jarak meja harus terpisah 2 meter dan menghadap arah yang sama.

3. Kursi angkutan ke sekolah (bis sekolah/antar jemput) harus satu kursi satu siswa.

4. Benda-benda yang tidak mudah dibersihkan atau didisinfeksi seperti pensil, kertas, tablet, komputer dan buku tidak boleh digunakan bersama. Juga, setiap siswa harus memiliki perlengkapan seni sendiri dan peralatan pendukungnya.

5. Makanan harus dikirim dari rumah jika memungkinkan. Dan jika tidak bisa, kantin harus menyediakan makanan untuk individu. Makan siang dan sarapan harus dilakukan di dalam kelas untuk menghindari kantin yang penuh sesak.

6. Jika itu tidak bisa dilakukan, CDC menyarankan agar penggunaan kantin dibagi dalam beberapa kelompok dan dilakukan pembersihan menyeluruh setiap pergantian kelompok.

7. Hal yang sama juga berlaku untuk tempat bermain. Buat kelompok kecil, dan bersihkan seluruh tempat bermain setiap pergantian kelompok.

8. Harus diperbanyak petunjuk visual di area umum, seperti papan pengumuman di tembok, rute satu jalur di lorong, dan tanda yang mengingatkan anak untuk menyebar. Anak-anak juga harus bisa melihat sneeze guard di antara ruang-ruang yang sulit menerapkan social distancing seperti wastafel kamar mandi.

9. Wajib dilakukan disinfeksi dan pembersihan setiap waktu.

10. Guru diimbau mengajar kelas yang sama sepanjang hari, dibanding berganti-ganti kelas sepanjang hari.

Nah itulah guys, beberapa di antara pendoman dari CDC untuk sekolah-sekolah di Amerika Serikat. Mungkin ada banyak hal yang bisa diadaptasi di Indonesia ya.(*)

Baca juga: Ini Rekomendasi WHO Cegah Coronavirus untuk Kegiatan Belajar Mengajar

Related Articles
Current Issues
Peneliti: Stoking Nilon Efektif Jadi Bahan Tambahan Masker Kain

Current Issues
Disinfeksi dengan Sinar UV Hanya Efektif untuk Benda, Bukan untuk Tubuh

Current Issues
Peneliti MIT Sebut Jarak 2 Meter Masih Belum Aman dari Penularan Coronavirus