Current Issues

Rayakan Lebaran Saat Pandemi? Cobain 4 Tips Berikut Ini

Dwiwa

Posted on May 23rd 2020

Bulan Ramadhan akan berakhir hari ini. Pemerintah pun telah menetapkan jika Idul Fitri 1441 Hijriyah jatuh pada 24 April 2020. Momen Idul Fitri atau lebaran biasanya ditandai dengan bersilaturahmi, salat Ied di Masjid atau lapangan.

Namun tahun ini mungkin berbeda. Di tengah pandemi Covid-19 yang entah kapan berakhir, semua aktivitas yang membuat banyak orang berkumpul dilarang. Otoritas kesehatan juga meminta agar orang-orang tetap diam di rumah. Semua dilakukan untuk memutus rantai penularan virus SARS-Cov-2.

Meski Lebaran kali ini sedikit berbeda, tidak berarti jika semangat Idul Fitri harus pupus lho guys. Dilansir dari Times of India, berikut lima hal yang bisa kalian lakukan untuk merayakan Lebaran dengan aman dan sehat di tahun ini.

1. Buat pesta silaturahmi virtual

Mengunjungi teman atau keluarga di lebaran kali ini mungkin tidak bisa dilakukan, tetapi tidak berarti semangat perayaan harus padam. Kalian masih bisa terhubung dengan orang-orang tersayang secara online. Buat pesta silaturahmi online bersama keluarga dan teman dekat. Dengan begitu, kalian bisa tetap merayakan lebaran dengan meriah, bahkan bersama mereka yang ada di seluruh dunia.

2. Siapkan makanan yang kaya nutrisi untuk meningkatkan imun

Makanan lezat saat lebaran adalah salah satu yang selalu dinantikan. Di antara makanan-makanan tersebut, tidak ada salahnya jika memasukkan sesuatu yang sehat dan bergizi ke dalamnya. Pastikan untuk menambahkan sumber vitamin C, buah, dan makanan kaya antioksidan yang akan membantu menyeimbangkan pesta dan memastikan tubuh tetap sehat.

3. Bantu orang yang miskin dan membutuhkan

Melakukan sedekah dan amal adalah salah satu pilar utama di dalam Islam dan banyak muslim di seluruh dunia menggunakannya sebagai praktik kesejahteraan sosial. Tahun ini, membantu orang yang membutuhkan bisa menjadi ide bagus.

Banyak orang dilanda krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini merasa kesulitan untuk mengelola keuangan atau memiliki alat perlindungan agar tetap aman. Kalian bisa memberikan uang, makanan, atau bahkan alat pelindung diri kepada mereka yang saat ini membutuhkan. Beramal, menjadi relawan, dan berlatih bersyukur adalah cara lain untuk menikmati perayaan ini.

4. Jangan lupa berdandan

Perayaan kali ini mungkin membuat kalian hanya diam di rumah saja selama sehari penuh. Tetapi ini tidak berarti kalian harus terus menggunakan piyama. Berdandanlah agar suasana lebaran lebih terasa.

Hal ini dapat membantu mencerahkan hari dan merasakan perubahan dari rutinitas lockdown. Jadi ketika melakukan pesta silaturahmi, kalian tetap terlihat cantik meski di rumah aja.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kalian lakukan saat perayaan lebaran besok ya guys. Ingat, kali ini lebarannya cukup di rumah saja. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin.(*)  

Related Articles
Current Issues
Begini Cara Negara Paling Sehat di Dunia Melawan Coronavirus

Current Issues
Bilik Disinfeksi Bandara Hongkong Ini Diklaim Bunuh Kuman Dalam 40 Detik

Current Issues
Vaksin Covid-19 Buatan Tiongkok Baru Siap untuk Publik Tahun Depan