Tech

WhatsApp Coba Fitur Baru: Pengguna Bisa Tambah Kontak Cukup Lewat QR Code

Dwiwa

Posted on May 23rd 2020

Ada kabar baru dari WhatsApp (WA) nih. Situs yang kerap mengulas soal WA, WABetaInfo melaporkan jika versi beta terbaru WhatsApp memungkinkan kalian menambah teman hanya dengan memindai QR code. Fitur yang tersedia dalam versi beta di iOS dan Android ini dapat ditemukan di menu pengaturan aplikasi.

Dilansir dari The Verge, pada menu tersebut akan tersedia pilihan untuk menampilkan kode milik kalian sendiri sekaligus untuk memindai milik orang lain. QR code juga bisa dihapus jika dibagikan pada seseorang yang tidak diinginkan memiliki nomor kalian.

Ini mungkin hanya fitur kecil, tetapi menambahkan kontak WhatsApp secara manual bisa jadi menyebalkan. Saat ini, platform tersebut mengandalkan kontak di buku alamat ponsel agar kalian bisa mengirim pesan melalui WhatsApp.

Jadi, ketika ingin berkirim pesan melalui aplikasi ini dengan seseorang yang nomornya belum tersimpan, kalian harus menambahkan nomor baru ke dalam kontak. Atau mengirim pesan langsung lewat aplikasi pihak ketiga.

Nah dengan adanya QR code ini, cara tersebut tak lagi perlu kalian lakukan. Kalian cukup memindai QR code milik teman dan langsung bisa membuat obrolan di WhatsApp. Namun jika kalian bertukar kontak WhatsApp via online, cara ini mungkin tidak semudah saat bertemu langsung.

Meskipun fitur ini sudah tersedia dalam versi beta, belum ada keterangan kapan dapat digunakan secara luas. Jika kalian tertarik untuk menjajal fitur ini di Android, kalian bisa mendaftar menggunakan link dan memverifikasi jika QR code dapat ditemukan di pengaturan. Sementara untuk versi beta iOS dilaporkan masih tertutup.(*)

Artikel Terkait
Tech
Begini Cara Mudah Kirim Pesan Terjadwal WhatsApp di Android dan iOS

Tech
WhatsApp Siapkan Fitur Sembunyikan Status “Online” Pengguna

Tech
Makin Nyaman, YouTube, Gmail, Twitter, hingga WhatsApp Bisa Mode Gelap