Entertainment

Jadi Global CEO Big Hit, Ini Rencana Yoon Seok-joon buat Pasar Internasional

Delima Pangaribuan

Posted on May 22nd 2020

(BIllboard)

 
 
Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 18 Mei 2020, Big Hit Label ngadain penyegaran dengan menunjuk sejumlah nama sebagai pimpinan yang baru di Big Hit. Salah satunya adalah Yoon Seok-joon atau dikenal juga dengan nama Lenzo Yoon yang ditunjuk sebagai Global CEO.
 
Sebelumnya dia menduduki posisi Co-CEO. Perannya yang baru ini membuatnya bisa merambah pasar internasional untuk artis-artis Big Hit. Kepada Billboard, dia mengakui bakal mengekspansi Amerika Serikat yang selama ini menjadi salah satu basis utama industri musik dunia.

 
Menurut pengamat musik Billboard, Big Hit memang bukan label Korea Selatan pertama yang membuat cabang perusahaan di AS. Namun pemilihan pimpinan yang bakal berpusat dan menetap di AS termasuk baru dalam dunia KPop.
 
Biasanya CEO ya tetap stay di Korsel. Tapi kali ini, Big Hit secara khusus menempatkan Yoon sebagai CEO dan akan tinggal di AS untuk mempermudah urusan bisnis di sana.
 

Anak perusahaan Big Hit yakni Big Hit America dan Big Hit  America Solutions sedang dikembangkan di Negeri Paman Sam itu. Dalam posisi barunya ini, Yoon bertanggung jawab buat semua tugas yang berkaitan sama business-oriented. Seperti nge-deal-in proyek-proyek artis sama pihak ketiga, kolaborasi, atau investasi.
 
Sementara itu, Bang Si-hyuk yang sebelumnya merupakan CEO kini menjadi Chairman dan tetap berbasis di Korsel. Dia bakal tetap berfokus ke pembuatan konten kreatif dan ikut dalam pengambilan keputusan level tinggi. 
 
"Big Hit sangat berkembang di pasar AS, tapi sulit bagi kami untuk melakukan semua sektor bisnis secara terpisah seperti yang dilakukan di Korea. Dengan mengembangkan Big Hit America, kami berharap proses pengambilan keputusan bisnis bisa berjalan baik dan bersaing dengan perusahaan hiburan lokal (AS)," jelas Yoon.
 
Perpindahannya ke AS saat ini juga dianggap Yoon sebagai kesempatan buat mengatur strategi ulang di tengah pandemi. Kondisi akibat persebaran Covid-19 mau nggak mau mengubah juga cara penduduk dunia menikmati musik dan hiburan. 
 
"Tapi saya harus mengatakan bahwa ada sesuatu yang tidak akan berubah. Setiap layanan baru Big Hit untuk fans semuanya berangkat dari filosofi bisnis awal kami, seperti 'konten apa yang akan paling dinikmati oleh fans' dan 'bagaimana kami harus menyajikannya supaya memperbesar rasa senang fans'," lanjutnya.
 
Yoon yang berlatar belakang insinyur mengaku bakal lebih banyak melibatkan teknologi dalam memperluas pasar Big Hit. Hal ini sudah bisa kita rasakan sebelum-sebelumnya lewat konser virtual BTS yang tersambung sama ARMY Bomb para fans di seluruh dunia.
 
Kira-kira inovasi kayak apa lagi yang bakal dihadirkan Big Hit? (*)
Related Articles
Entertainment
Big Hit Labels Rencana Debutkan 3 Grup sampai 2022

Entertainment
IU X Suga Bakal Berhadapan dengan 10 Idol Cowok yang Comeback Mei!

Entertainment
Apa Jadinya Kalau BigHit Beneran Akuisisi Pledis?