Lifestyle

McD Bagi Resep Menu Andalannya, Cocok Banget Disantap Sama Keluarga Pas Lebaran

Dwiwa

Posted on May 22nd 2020

Apa menu favorit kalian kalau lagi nongkrong di McDonalds alias McD? Big Mac, ayam krispy, atau french fries? Semenjak pandemi datang rasanya menu-menu itu sudah sangat jarang bisa kita nikmati.

Bagi yang tinggal kota mungkin masih bisa beli via delivery. Tapi bagi yang rumahnya jauh dari peradaban, menikmati gurihnya menu McD sepertinya hanya menjadi angan-angan. Siapa coba yang mau mengantarkan sepotong Big Mac atau french fries sampai berpuluh-puluh kilometer?

Eits, tapi jangan sedih dulu. Pernyataan itu cuma berlaku pas masa-masa awal pandemi saja kok. Sebab, belum lama ini Instagram McD Indonesia membagikan resep menu favorit di restoran waralaba tersebut. Mulai dari french fries, ayam goreng, hingga Big Mac pun bisa kalian buat sendiri di rumah.

Penasaran gimana cara bikinnya? Simak nih bahan dan langkah-langkah pembuatannya seperti dilansir langsung akun Instagram @mcdonaldsid. Menu ini rasanya bisa jadi alternatif untuk acara makan bareng keluarga kalian pas lebaran. Biar antimainstream, gak opor dan rendang mulu.

 

French Fries

Kelezatan french fries ala McD yang bsia dibuat di dapur rumah. (foto:Screencapture Instagram McD)

Camilan yang satu ini memang sulit untuk ditolak ketika kita datang ke McD untuk sekadar nongkrong dan bergosip dengan teman. Dengan rasa yang gurih dan porsi yang bisa dimakan ramai-ramai, menu tersebut memang pas menjadi pilihan. Nah, jika kalian ingin membuatnya di rumah, berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan:

- Kentang

- Susu kedelai

- Corn syrup

- Soda kue

- Es batu

- Kaldu sapi

- Garam

- Minyak goreng

Cara membuat:

- Pertama, campurkan es batu, kaldu sapi susu kedelai, corn syrup, soda kue ke dalam satu mangkok. Aduk rata.

- Kupas kentang lalu cuci bersih lalu potong kentang dengan potongan memanjang.

- Masukkan potongan kentang ke dalam bumbu kaldu dan diamkan 5 menit di kulkas.

- Panaskan minyak sampai 200 derajat selsius.

- Goreng potongan kentang berbumbu selama 3 menit. Lalu angkat dan tiriskan.

- Agar lebih gurih, kalian juga bisa menambahkan garam saat akan dikonsumsi.


Ayam goreng

Gurih dan renyahnya ayam goreng ala McD yang bisa dibuat di rumah. (foto:Screencapture Instagram McD)

Kerenyahan ayam McD memang menggoda iman. Bunyi kriuk dengan bumbu yang gurih sering membuat kita ingin makan lagi dan lagi. Tapi tentu di musim pandemi seperti ini ada banyak hal yang menjadi pertimbangan saat akan jajan diluar.

Tidak perlu khawatir, sekarang kerenyahan ayam McD ini bisa bebas kalian nikmati di rumah. Siapkan saja bahan-bahan di bawah ini lalu ikuti langkah-langkah pembuatannya. Dan, voila ayam renyah McD ada di meja makan.

Bahan:

- Ayam potong, bagian apa saja sesuai selera

- Tepung terigu

- Tepung maizena

- Kuning telur

- Baking soda

- Lada

- Susu bubuk

- Soda kue

- Garam

- Kaldu instan rasa ayam

- Bubuk bawang putih

- Garam halus

- Air

- Minyak goreng

Cara membuat:

- Pertama buat adonan cair yang berisi campuran tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, soda kue, lada, garam. Kemudian tambahkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Setelah jadi, simpan untuk nanti.

- Kemudian, buat adonan tepung kering yang berisi campuran tepung terigu, maizena, baking soda, bubuk kaldu ayam, bubuk bawang putih dan garam halus. Campur rata bahan-bahan tersebut lalu simpan untuk nanti.

- Bumbui potongan ayam dengan lada, garam, bubuk bawang putih. Campur dan aduk adonan hingga rata.

- Ambil satu potong ayam, masukkan ke adonan kering hingga rata. Kemudian celupkan ke adonan cair lalu balurkan kembali adonan kering dambil di tekan.

- Setelah rata, masukkan ke dalam air es dan ulangi proses ayam dicelupkan adonan cair dan adonan kering.

- Goreng ayam tepung ke dalam minyak banyak atau istilah kerennya deep frying. Masak hingga matang dan berwarna kecoklatan. Tiriskan.

- Ayam goreng tepung ala McD siap untuk dinikmati.


Big Mac

Kelezatan dua lapis daging panggang ala McD yang bisa dinikmati langsung dari dapur rumah. (foto:Screencapture Instagram McD)

Menyantap burger dengan dua lapis daging adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi sebagian orang. Ukuran yang besar dengan kenikmatan daging ganda memang sulit untuk ditolak. Apalagi jika dengan tambahan saus spesial yang membuat air liur menetes.

Jika rindu untuk menikmatinya, kalian bisa kok untuk membuat salah satu menu andalan McD ini di dapur rumah. Berikut bahan-bahan yang harus kalian siapkan ya.

Bahan:

- Roti bun berwijen

- Daging giling

- Garam

- Merica

- Mayonaise

- Acar timun

- Cuka

- Bubuk onion

- Bubuk bawang putih

- Paprika

- Selada

- Keju

- Bawang bombai

Cara membuat:

- Pertama, bagi roti menjadi tiga dan panggang sebentar.

- Daging yang sudah digiling dicampur dengan garam dan merica. Bentuk jadi dua buah bola lalu teka sampai  pipih. Panggang selama 2 menit sampai matang.

- Buat saus spesial dengan mencampurkan mayonaise, acar timun tumbuk, cuka, merica bubuk, bubuk onion, bubuk bawang putih, dan paprika. Aduk sampai semua tercampur.

- Kemudian, gunakan saus spesial ini untuk mengolesi setiap lapisan roti.

- Di roti paling bawah, taruh potongan selada yang sudah dicuci bersih, keju, daging sapi panggang, dan bawang bombai lalu tarus potongan roti kembali.

- Pada lapisan roti tengah, tarus selada, acar timun, daging sapi panggang, bawang bombai, saus, dan tutup dengan roti wijen.

- Big Mac ala McD pun bisa langsung disantap.

- Nah itu tadi beberapa resep menu ala McD yang bisa kalian buat sendiri di rumah. Tapi sebagai catatan, McD tidak memberikan detail seberapa banyak campuran bahan yang dibutuhkan untuk membuat berbagai makanan tersebut.

Jadi, seberapa mirip masakan dengan menu di McDonald’s tergantung dari skill memasak kalian ya guys. Kalau sudah mencoba, jangan lupa bagikan pengalamannya ya.


Related Articles
Current Issues
Di Brasil, McDonald's Ubah Logonya untuk Dukung Social Distancing

Interest
Pengin McDonald's Tapi Lagi Diet? Beli Lilinnya Aja!

Current Issues
New Normal ala Burger King, Wajib Pakai Mahkota Raksasa untuk Jaga Jarak