Tech

Permudah Pengusaha, Facebook dan Instagram Uji Coba Fitur Shops

Delima Pangaribuan

Posted on May 21st 2020

Pengusaha termasuk yang terdampak parah akibat pandemi. Penjualan menurun karena mereka nggak bisa berjualan seperti biasa. Mau nggak mau pengusaha sekarang harus maksimal mengandalkan jualan lewat online supaya tetap bisa menyentuh konsumen.

Banyak yang kemudian "menjajakan" dagangannya lewat media sosial, Instagram atau Facebook. Kita yang mau beli bakal melihat-lihat dulu barang di sana, kemudian baru melakukan pemesanan di website toko atau aplikasi chat.
 
Cara ini memang sudah gampang, tapi rupanya Facebook dan Instagram ingin memfasilitasi supaya kegiatan jual beli lebih praktis lagi.
 

Melansir Tech Crunch, Facebook dan Instagram meluncurkan fitur Shops mulai hari ini, Kamis (21/5). Fitur ini menampilkan para pengusaha yang kerap berjualan di Facebook dan Instagram lengkap dengan menu yang langsung mengarah ke proses jual beli.
 
Jadi, kita nggak perlu lagi pindah ke website toko atau pesan lewat chat kalau mau pesan dan beli barang. Cukup klik barang yang ingin kita beli di laman Facebook dan Instagram yang kita lihat dan pemesanan otomatis akan tercatat sama penjualnya.
 
Dengan kata lain, Facebook dan Instagram itu sudah jadi "tokonya" penjual.

 
CEO Facebook Mark Zuckeberg bilang kalau pengadaan fitur ini bertujuan untuk mengantisipasi lesunya ekonomi di tengah pandemi. Dia memperkirakan kalau meski pandemi sudah berakhir pun, model bisnis online seperti ini akan terus bertahan.
 
"Aku pikir kita akan tetap melanjutkan kehidupan kita secara online dan juga menjalankan bisnis secara online," ungkapnya.
 
Sementara itu, Vice President Instagram Vishal Shah mengatakan bahwa fitur ini diujicobakan secara global dan sudah ada 1 juta pengusaha yang mendaftarkan diri. Mereka bisa membuat akun toko di Facebook dan Instagram secara gratis. Cukup upload katalog jualan beserta harganya, pengunjung sudah bisa "berbelanja" langsung di sana.
 
Meski mendaftarnya secara gratis, Vice President Ads Facebook Dan Levy bilang kalau mungkin bakal ada fee bernominal kecil yang harus ditanggung pengusaha. Tapi jumlahnya nggak terlalu memberatkan dan bisa tertolong dengan adanya iklan yang muncul di toko mereka.
 
Toko-toko kecil ini juga bisa muncul di mini ads seantero Facebook dan Instagram.
 
Di luar negeri, Facebook dan Instagram sudah bekerja sama dengan berbagai e-commerce untuk fitur Shops ini. Antara lain Shopify, Big Commerce, Woo, Ced Commerce, Channel Advisor, Cafe24, Tienda Nubes, dan Feedonomics.
 
Jadi kalau pengusaha udah punya lapak di e-commerce yang tertera ini, bisa lebih gampang buat kustomisasi barang di e-commerce maupun Facebook dan Instagram. (*)
Related Articles
Tech
Twitter Berlakukan WFH Permanen untuk Karyawannya

Tech
Facebook Keluarkan Dana USD 400 Juta untuk Membeli GIPHY, Bakal Diapain ya?

Tech
Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live