Tech

Rilis iOS 13.5, Kini Pengguna iPhone Bisa Tetap Pakai Masker Saat Akses Face ID

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 22nd 2020

Penggunaan masker memang menjadi hal yang wajib selama pandemi, sehingga berbagai fitur pemindaian wajah menjadi sedikit merepotkan. Seseorang yang menggunakan fitur ini pada ponselnya tidak mungkin melepas masker terlebih dahulu hanya untuk mengakses ponselnya di tempat umum.

Hal tersebut kini berusaha ditangani Apple. Pada Rabu (21/05) lalu, Apple telah merilis iOS 13.5 dengan fitur terbaru mereka yang diharapkan akan dimanfaatkan dengan baik selama masa pandemi Covid-19. Fitur itu adalah Face ID untuk wajah yang mengenakan masker.

Pada versi iOS sebelumnya, pengguna iPhone yang sedang mengenakan masker harus menunggu selama beberapa detik agar fitur Face ID mampu mengidentifikasi wajahnya, sebelum kolom passcode muncul di layar.

Sementara itu di iOS 13.5, pengguna iPhone tidak perlu menunggu lagi, atau bahkan melepas masker. Cukup dengan swipe up saat sedang mengenakan masker, pengguna iPhone dapat langsung memasukkan passcode-nya begitu saja.

Selain fitur identifikasi terbarunya itu, iOS 13.5 juga mendukung notifikasi API Apple dan Google. Sebab, iOS 13.5 memang merupakan fase kerjasama pertama antara Apple dan Google dalam hal exposure notification system.

Pengguna iOS kini dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh lembaga kesehatan publik. Di mana aplikasi itu yang punya fitur mengirimi notifikasi otomatis ke ponsel apabila pengguna iPhone dan Apple Watch telah tanpa sadar berkontak fisik dengan orang lain yang terpapar Covid-19. Sistem tersebut baru akan aktif jika pengguna iOS memasang aplikasi tersebut.

Saat ini, Apple dan Google tengah berusaha membuat agar exposure notification system tersebut dapat dipergunakan untuk memberi notifikasi kepada pengguna iOS, bahkan tanpa aplikasi terpasang yang menggunakan API. Sehingga dengan begitu lebih banyak orang yang sadar bahwa mereka mungkin terpapar Coronavirus tanpa disadari.(*)

Related Articles
Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple

Current Issues
Awas Jangan Sembarangan! Ini 3 Cara Bersihkan Ponselmu dari Coronavirus

Tech
10 Hal Ini Bisa Bikin iPad atau iPhone Lawas Kamu Jadi Lebih Bermanfaat