Tech

Untuk Kamu yang Suka Insomnia, YouTube Rilis Bedtime Reminder

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 21st 2020

YouTube memang jadi starter pack wajib para millenials selama masa karantina mandiri akibat pandemi Covid-19. Beberapa orang bahkan kebablasan. Mereka nonton Youtube sampai lewat tengah malam, lalu pada akhirnya malah mengalami masalah tidur karenanya.

Tentu saja itu bukan kebiasaan yang boleh dipertahankan. Tapi YouTube memang seolah punya daya hipnotisnya sendiri bagi siapapun yang sedang gabut, terutama dengan adanya fitur autoplay yang secara otomatis memutar video secara maraton. 

Jika kamu termasuk golongan ini, ada solusi dari YouTube. Mereka membuat pengingat waktu tidur agar kamu terhindar begadang menonton Youtube terlalu lama. Kamu bisa menentukan sendiri kapan waktu mulai dan berakhirnya pengingat ini di menu settings

Nah, ketika  waktu tidurmu sudah tiba, pengingat tersebut akan muncul sebagai pop-up di layar video, sehingga cara kerjanya hampir mirip dengan alarm ponsel. Pengingat jam tidur ini bukan satu-satunya update YouTube yang berkaitan dengan isu kesehatan digital.

Dalam beberapa tahun belakangan, YouTube juga menyediakan tampilan statistik lamanya kamu mengakses lama tersebut setiap hari dan setiap pekan. Ada juga pilihan untuk menon-aktifkan notifikasi suara dan getaran, serta notifikasi video harian.

Fitur pengingat jam tidur merupakan langkah paling anyar yang diambil YouTube, dan akan dirilis dalam ponsel dengan OS Android maupun iOS beberapa waktu ke depan. (*)

 

Related Articles
Tech
TikTok Terindikasi Langgar Perjanjian Soal Privasi Pengguna di Bawah Umur

Tech
Facebook Rilis Fitur Avatar. Begini Cara Buatnya!

Tech
Google Akan Minimalkan Kemunculan Iklan yang Menguras Baterai Ponselmu