Tech

Makin Nyaman, YouTube, Gmail, Twitter, hingga WhatsApp Bisa Mode Gelap

Dwiwa

Posted on May 21st 2020

Menatap ponsel dalam jangka waktu lama, terutama di malam hari dapat membuat mata menjadi tegang. Bahkan beberapa penelitian menyebut jika cahaya dari layar ini dapat membuat seseorang mengalami gangguan tidur.

Tapi tidak perlu khawatir, hanya cukup dengan mengaktifkan dark mode alias mode gelap, maka latar belakang jendela aplikasi akan berubah menjadi gelap. Tidak hanya membuat teks lebih terbaca tetapi juga membuat baterai lebih hemat.

Kabar baiknya, sebagian besar aplikasi yang sering kalian gunakan, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Twitter menyediakan mode gelap. Selain itu, versi terbaru yang hadir di iOS dan Android juga mendukung mode systemwide-dark. Penasaran bagaimana caranya? Inilah cara mengaktifkan mode gelap di semua aplikasi favorit kalian seperti dilansir dari The Indian Express.

1. Facebook Messenger

Jika kalian pengguna Facebook Messsenger, yang kalian perlukan hanya mengetuk gambar profil di bagian kiri atas aplikasi dan hidupkan mode gelap.

 

2. Twitter

Untuk mengaktifkan mode gelap di Twitter, buka aplikasi Twitter di Android atau iOS dan ketuk gambar profil di sisi kiri atas layar. Dari menu, pilih pengaturan dan privasi lalu ketuk tampilan dan suara. Kalian tinggal mengetuk pilihan mode gelap untuk mengaktifkannya.

Saat mengatur mode gelap, kalian bisa memilih untuk mematikan, menyalakan, atau mengaturnya secara otomatis menjadi gelap saat senja. Jika mode gelap diaktifkan, kalian juga masih bisa memilih tema temaram dan lampu mati.

Saat memilih temaram temanya akan berubah menjadi bury gelap dan ketika memilih mati lampu, muncul tampilan mode hitam legam.

 

3. YouTube

Baik iOS maupun Android sama-sama mendukung mode gelap dalam aplikasi YouTube. Untuk mengaktifkannya, kalian tinggal mengetuk gambar profil kemudian pilih pengaturan kemudian pilih umum lalu geser tombol di sebelah mode gelap untuk mengaktifkannya.

 

4. WhatsApp

WhatsApp secara resmi memiliki mode gelap untuk aplikasi iOS dan Android. Namun untuk masing-masing sistem operasi tersebut memiliki cara yang berbeda. Bagi yang menggunakan iOS 13, kalian perlu membuka pengaturan, pilih tampilan dan kecerahan, lalu ketik gelap untuk mengubah ponsel kalian dalam mode gelap system-wide.

Jika kalian menggunakan Android 10, pada menu pengaturan pilih tampilan lalu hidupkan mode gelap untuk mengaktifkan mode gelap system-wide. Sementara untuk yang masih menggunakan Android 9 atau di bawahnya, kalian tinggal membuka pengaturan di aplikasi WhatsApp lalu pilih chat, ketuk tema, lalu pilih gelap.

 

5. Instagram

Bagi pengguna Android 10, untuk bisa mengaktifkan mode gelap di Instagram kalian harus membuka menu pengaturan dan memilih tampilan. Lalu ketuk lanjutan dan pilih gelap. Sedangkan jika menggunakan iOS 13, buka menu pengaturan, pilih tampilan & kecerahan lalu ketuk gelap.

 

6. Gmail

Di Android 10, ketuk ikon menu di aplikasi Gmail lalu masuk ke pengaturan. Pilih pengaturan umum dan ketuk Tema lalu aktifkan gelap. Sementara di iOS 13, ketuk ikon menu di aplikasi Gmail, pilih pengaturan lalu ketuk tema dan aktifkan gelap.(*)

Related Articles
Current Issues
Ini Media Sosial yang Berjaya dan Tumbang dalam Satu Dekade

Interest
Kalian Masih Pake OS ini di Android dan iPhone? Siap-siap Gak Bisa Pake WhatsApp

Tech
Cegah Bullying, Instagram Bikin 3 Fitur Baru Ini