Current Issues

Efektivitas Berkumur dengan Mouthwash Sedang Diteliti untuk Cegah Coronavirus

Dwiwa

Posted on May 20th 2020


credit: 1Dental

Kasus positif terinfeksi virus Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya. Vaksin dan obat yang dapat mengobati penyakit ini pun belum ditemukan. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menerapkan berbagai upaya pencegahan yang dapat melindungi diri dan orang terkasih dari virus SARS-Cov-2 tersebut.

Dilansir dari Bestlife, beberapa penelitian terbaru menunjukkan jika mungkin salah satu pertahanan kita dari virus ini adalah sebuah kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari. Jika kalian berkumur dengan mouthwash setelah menyikat gigi, kalian sebenarnya bisa melawan coronavirus.

Ulasan yang dipublikasikan dalam jurnal Function menyebut jika mouthwash dapat membunuh virus secara efektif pada pasien yang baru saja terinfeksi. Alasannya, beberapa kandungan mouthwash mungkin memiliki kemampuan untuk memecah membran lemak luar dari coronavirus, yang mirip dengan yang menyelimuti virus lain.

Saat ini, para peneliti yang terdiri dari virologis, spesialis lemak, mikrobisida dan ahli kesehatan dari Cardiff University School of Medicine bersama Universitas Nottingham, Colorado, Ottawa, Barcelona dan Cambridge ini tengah mengajukan permohonan untuk melakukan penelitian klinis.

Mereka ingin melihat efek dari mouthwash dan berkumur pada virus corona jenis SARS-Cov-2 yang menyebabkan Covid-19. Diharapkan penelitian tersebut bisa mendapatkan hasil ilmiah yang bisa membantu upaya memerangi Covid-19.

Jadi, untuk sementara ini memang belum ada bukti konkrit jika obat kumur kalian dapat membunuh virus corona, tetapi tidak ada salahnya untuk melanjutkan atau memulainya.

Setidaknya, mouthwash memiliki berbagai manfaat, mulai dari menguatkan hingga memutihkan gigi (tergantung pada formula), hingga menyegarkan nafas.

Namun harus diingat jika kalian tidak boleh menelan mouthwash, ini bisa berbahaya. Penelitian merekomendasikan berkumur sebagai cara untuk mendapatkan manfaat potensi menghancurkan coronavirus.

Jika penelitian ini sukses, kita dapat segera melihat hasil uji klinis yang berfokus pada mouthwash dan virus corona.

Sementara itu, tetap lakukan berbagai protokol yang dapat melindungi kalian dari Covid-19. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan masker saat keluar rumah, hingga jaga jarak minimal 2 meter dari orang lain. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Sindrom Langka Covid-19 Pada Anak-anak Sebabkan Perubahan Sistem Imun

Current Issues
Kecerdasan Buatan Bisa Jadi Solusi untuk Perjalanan Lebih Aman Saat Pandemi

Current Issues
Di Amerika, 4 Tempat Ini Sering Dikunjungi Sebelum Seseorang Tertular Covid-19