Korea

Dianggap Mirip, Warganet Kritisi Permintaan Maaf Jaehyun NCT dan Eunwoo Astro

Delima Pangaribuan

Posted on May 20th 2020

(AllKpop)

Pasca mencuatnya berita empat idol 97 Liner pergi ke Itaewon di tengah pandemi, dua di antaranya langsung menulis surat permintaan maaf pribadi. Mereka adalah Jaehyun NCT dan Cha Eunwoo Astro. 
 
Dalam surat yang ditulis tangan dan dipublikasikan kemarin (19/5), mereka mengaku menyesal atas sikapnya yang mengabaikan imbauan untuk social distancing.
 
Meski sudah menunjukkan keseriusan minta maaf, tampaknya masih ada warganet yang merasakan hal janggal. Mengutip AllKpop, sebagian warganet berpendapat kalau surat kedua idol ini terlalu mirip.
 
Kemiripan itu dibahas dalam sebuah komunitas online, Pann Nate. Mereka mendapati kata-kata atau diksi yang dipakai Jaehyun dan Eunwoo banyak yang sama persis. Bahkan komunitas itu juga bikin pembahasan secara visual, di mana kata-kata yang mirip dikasih warna tertentu seperti stabilo.
 
Urutan penyampaian kalimatnya pun dirasa terlalu aneh untuk disebut kebetulan sama. Diawali dengan permintaan maaf karena sudah bikin banyak pihak khawatir. Kemudian minta maaf khususnya karena telah mengecewakan fans yang mendukung mereka selama ini. 
 
Nggak lupa juga Jaehyun dan Eunwoo kompakan minta maaf sama member lain yang terkena imbas dari pemberitaan 97 Liner ini. Di akhir surat, mereka berdua sama-sama berjanji untuk introspeksi diri dan nggak mengulang perbuatan yang sama.
 
Cuma satu perbedaan yang ditemukan sama komunitas itu. Yakni bahwa di bagian awal surat, Cha Eunwoo juga menyinggung soal pekerja medis yang selama ini berupaya keras dalam menangani pasien-pasien Covid-19. 
 
Berbagai komentar bermunculan dan warganet berspekulasi kalau keduanya "bekerja sama" dalam menulis surat itu. Alias mungkin saja itu template dan nggak betul-betul murni kata-kata dari Jaehyun dan Eunwoo. Inilah yang membuat warganet tetap kecewa meski keduanya sudah menyampaikan permintaan maaf.
 
Jaehyun dan Eunwoo dilaporkan Dispatch mendatangi sebuah restoran dan bar di Itaewon ada 25 April 2020. Mereka mendapat kritik dari publik karena keluar di masa-masa pandemi. Namun, sebagian warganet meluruskan bahwa pada tanggal tersebut tidak ada pembatasan untuk aktivitas di luar dan warga Seoul juga berkegiatan normal.
 
Menurut warganet di komunitas Pann Nate, daripada menulis surat yang mungkin kurang tulus, lebih baik nggak usah nulis surat sama sekali. Atau kalau mau menulis surat pemintaan maaf yang isinya kurang lebih mirip, setidaknya susunan atau urutan kalimatnya diubah dikit-dikit. Bagaimana menurut kalian? (*)
Artikel Terkait
Korea
Dispatch Laporkan Empat Idol KPop 97 Liner Bepergian Saat Pandemi

Korea
Jaehyun NCT Tulis Surat Permohonan Maaf, Fans Pro-Kontra Masalah Idol ke Itaewon

Korea
Big Hit, Pledis, dan Fantagio Konfirmasi Idolnya Pergi ke Itaewon