Current Issues

Normal Baru Nonton Bioskop, Begini Pengaturannya...

Laili Fajry

Posted on May 19th 2020

Kalian udah bosen nonton streaming terus ya? Pengen nonton bioskop bareng pacar kan? Ups, buat yang jomblo kalian pengen nonton bareng-bareng teman kan? Nah, mungkin kesempatan ini bisa kita rasakan lagi. Sebab di beberapa negara yang sudah melonggarkan aturan lockdown, pengusaha bioskop berniat membuka lagi cinemanya.

Pembukaan bioskop itu juga didorong hadirnya beberapa film baru yang siap dirilis. Setidaknya mulai Juni mendatang ada tiga film yang digadang-gadang akan menjadi box office. Tenet, drama thriller yang disutradarai oleh Christopher Nolan akan mulai tayang pada 17 Juli mendatang. Selain itu ada remake film legendaris, Mulan (24 Juli) dan Wonder Woman 1984 (14 Agustus).

Dikutip dari Yahoo Entertainment, jejaring pengelola bioskop di berbagai belahan dunia telah membuat kesepakatan untuk membuka kembali bisnisnya untuk menyambut film-film besar tersebut. Kesepakatan ini sekaligus sebagai penanda the new normal atau normal baru dalam bisnis theater di tengah pandemi coronavirus.

Seperti apa “penampakan” bioskop pasca-coronavirus dalam menerapkan normal baru itu? Nggak jauh beda dengan protokol kesehatan pencegahan coronavirus pada aspek kehidupan lainnya. Physical distancing dengan pengaturan jarak tempat duduk, perubahan tiket, dan kios snack menjadi beberapa hal yang sangat mungkin berubah.

Patrick Corcoran, wakil presiden dan kepala komunikasi National Association Theater Owners (NATO) menjelaskan, bioskop akan mengakomodasi diri dengan situasi sesuai yang direkomendasikan pemerintah. "Jadi akan ada jarak sosial dan kapasitas terbatas,” ucapnya.

Karyawan, lanjut Corcoran, akan mengenakan masker dan sarung tangan. Selain itu dan akan ada pembersihan, sanitasi, dan disinfeksi yang lebih baik. Di antara setiap pemutaran film akan dilakukan mendisinfeksi kursi, pembersihan area sentuh yang tinggi seperti kios makanan dalam bisokop dan gagang pintu.

"Sangat mungkin banyak penonton bioskop masih mengenakan masker dan face shield dan bahkan akan disediakan oleh bioskop,” imbuh Corcoran.

So, friends sudah siap dengan normal baru nonton bioskop? Meskipun bioskop sudah akan buka, bukan berarti sudah aman ya. Tetap laksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Be Happy but keep healthy yaaa.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Ilmuwan: Pandemi Baru Bisa Muncul, kecuali Manusia Ubah Perlakuan ke Satwa Liar

Current Issues
Pria Berjenggot Pernah Jadi Kambing Hitam Saat Muncul Pandemi

Current Issues
Kenapa Sih Masker Scuba atau Buff Dilarang Digunakan Untuk Cegah Covid-19?