Korea

Jaehyun NCT Tulis Surat Permohonan Maaf, Fans Pro-Kontra Masalah Idol ke Itaewon

Delima Pangaribuan

Posted on May 19th 2020

Member geng 97 Liner yang terakhir dikonfirmasi keberadaannya di Itaewon pada 25 April lalu adalah Jaehyun NCT. SM Entertainment memberikan pernyataan kalau memang Jaehyun pergi ke sana bersama ketiga teman idolnya dan diungkap oleh Dispatch.
 
Setelah konfirmasi tersebut, Jaehyun kemudian mengunggah permintaan maaf secara pribadi. Dia menulisnya dengan tangan di atas kertas dan mengunggahnya di Instagram pribadinya @_jeongjaehyun. Intinya dia meminta maaf karena sudah membuat banyak orang khawatir.
 
"Aku minta maaf karena menimbulkan ketidaknyamanan bagi banyak orang karena perilakuku selama masa-masa sulit. Aku pergi ke restoran dan bar di Itaewon di tengah masa social distancing, dan sekarang aku betul-betul merenungkan tindakanku tersebut," tulis Jaehyun.
 
"Aku minta maaf karena telah mengecewakan fans yang selalu mendukungku. Aku juga minta maaf kepada member (NCT) lain yang terdampak perilakuku serta orang-orang yang juga bekerja denganku," lanjutnya.
 
Usai Jaehyun mengunggah surat tersebut, fans langsung berbondong-bondong menunjukkan dukungan bagi Jaehyun. Tagar maupun kata kunci sebagai dukungan bagi Jaehyun beredar di Twitter mulai Senin malam (18/5). 
 
Fans sendiri terbagi ke dalam dua kubu. Nggak cuma fans Jaehyun atau NCT, tapi juga fans tiga idol lain yang terlibat. Yakni Jungkook BTS, Mingyu Seventeen, dan Cha Eunwoo Astro. Ada fans yang menyampaikan kekecewaannya pada para idol ini, tetapi di sisi lain ada fans yang juga membela mereka.
 
 
Pro dan kontra ini muncul karena ketidakjelasan informasi soal ada atau tidaknya semacam pembatasan sosial yang berlaku di Seoul pada saat kejadian. Sejumlah fans meng-counter pemberitaan Dispatch itu dengan mengatakan bahwa pada tanggal 25 April, sebenarnya nggak ada pembatasan atau lockdown yang diberlakukan di Korea Selatan.
 
Salah satunya disampaikan sama Bianca Kartika, seorang content creator asal Indonesia yang tinggal di Seoul. Dia menulis penjelasan di kolom komentar Dispatch Korea mengenai situasi sebenarnya yang dia ketahui tanggall 25 April itu.
 
Bianca menegaskan kalau Korea Selatan nggak menerapkan lockdown atau pembatasan sosial seperti yang terjadi di Indonesia saat ini. Malah, Seoul baru-baru ini melonggarkan aturan social distancing karena jumlah kasus yang makin landai. Keempat idol ini pergi ke Itaewon pada tanggal 25 April di mana situasi aman.
 
Itaewon baru dijaga ketat setelah ada satu kasus baru di salah satu klub tanggal 5 Mei. Setelah itu, pemerintah Seoul menerapkan pembatasan operasional tempat usaha di Itaewon mulai tanggal 8 Mei. Penjelasan Bianca ini kemudian dibagikan dan disampaikan ulang sama banyak warganet. 
 
Kalau ternyata sebenarnya tanggal 25 April itu nggak berlaku pembatasan sosial, artinya sebenarnya keempat idol ini nggak bersalah. Sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut dari Dispatch. (*) 
 
Artikel Terkait
Korea
Dispatch Laporkan Empat Idol KPop 97 Liner Bepergian Saat Pandemi

Korea
Big Hit, Pledis, dan Fantagio Konfirmasi Idolnya Pergi ke Itaewon

Korea
Dianggap Mirip, Warganet Kritisi Permintaan Maaf Jaehyun NCT dan Eunwoo Astro