Sport

Susul Ajax dan PSG, Celtic Resmi "Juara Musim Coronavirus" di Liga Skotlandia

Dwiwa

Posted on May 19th 2020

Celtic akhirnya menyusul Ajax dan PSG sebagai "juara musim Coronavirus". Maksudnya? Ya, Celtic akhirnya dinobatkan sebagai juara karena Liga Sepakbola Profesional Skotlandia (SPFL) diakhiri.

Keputusan pengakhiran liga ini diambil setelah SPFL melakukan pembicaraan dengan semua klub dan dewan SPFL. “SPFL hari ini mengumumkan bahwa berdasarkan konsultasi dengan seluruh klub papan atas yang hanya berjumlah 12, Dewan SPFL telah memutuskan Liga Utama Ladbrokes telah diakhiri dengan dampak langsung. Keputusan ini berarti Celtic menjadi juara musim 2019/2020 dan Hearts diturunkan ke Ladbrokes Championship,” jelas SPFL seperti dilansir dari Standard Media.

“Kami semua lebih suka melihat musim liga dimainkan di lapangan, di stadium dan di depan suporter. Tapi Covid-19 telah mendatangkan bencana bagi kompetisi olahraga di seluruh dunia dan dampaknya akan terasa lama,” ujar pimpinan SPFL Murdoch MacLennan.

Liga utama sepak bola Skotlandia telah dihentikan sejak Maret akibat outbreak Coronavirus. Penetapan Celtic sebagai juara ini pun diambil berdasarkan pada poin-per-pertandingan dalam laga yang dimainkan hingga 13 Maret.

Sistem serupa juga digunakan untuk menentukan posisi akhir di tiga tingkatan terendah sepakbola Skotlandia, yang memilih untuk mengakhiri musim mereka awal pada April lalu. Dundee United, Raith Rovers dan Cove Rangers dinyatakan sebagai pemenang Championship, League One, dan League Two.

Sementara itu, SPFL memberikan pembayaran akhir musim lebih dari 1,8 juta poundsterling kepada klub untuk meringankan beban keuangan mereka.

CEO Celtic, Peter Lawwell mendedikasikan gelar kesembilan klub secara berturut-turut untuk para penggemar dan semua orang yang terdampak pandemi. “Saya sangat bangga dengan tim dan bangga dengan kalian semua atas apa yang telah kalian berikan pada kami,” ujarnya.

Sebenarnya Rangers, yang menjadi runner-up, berniat melakukan penyelidikan sendiri terkait cara SPFL memutuskan musim ini di tengah pandemi. Namun langkah itu tak mendapatkan dukungan banyak klub lain.

Langkah Rangers itu hanya didukung oleh Hearts dan Stranraer. Rangers mengajukan upaya penyelidikan setelah muncul keraguan tentang pemungutan suara dalam rencana SPFL mengakhiri musim ini. Di mana liga yang lebih rendah telah dilakukan lebih dulu.(*)

Related Articles
Current Issues
Skotlandia Lirik Outdoor Learning Sebagai Konsep Sekolah Selama Pandemi

Sport
Liga Inggris Diusulkan Dilanjutkan di Australia

Sport
Lima Liga Top Eropa Siap Bergulir Kembali